sveosportu.com

Nova Arianto Soroti Aspek Kreativitas Timnas U-16 Indonesia

Nova Arianto sebagai pelatih Timnas U-16 Indonesia. (Yusuf/Skor.id)

- Timnas U-16 Indonesia menang 3-0 atas Filipina dalam laga lanjutan penyisihan Grup A ASEAN U-16 Championship 2024 yang digelar Senin (24/6/2024) malam.

Meski menang telak, Timnas U-16 Indonesia sempat ditahan oleh tim tamu sepanjang berlangsungnya babak pertama.

Kebuntuan Skuad Merah Putih akhirnya pecah pada pertengahan babak kedua setelah Evandra Florasta mencetak gol pada menit ke-65.

Enam menit kemudian, giliran Mochamad Mierza Firjatullah yang membuat publik Staadion Manahan, Solo bersorak lewat sepakan kaki kirinya yang berbuah gol.

Ketika pertandingan seolah akan berakhir dengan skor 2-0, Mochamad Mierza Firjatullah kembali menggetarkan gawang Filipina lewat golnya pada menit ke-90+2.

Walaupun pada akhirnya menang 3-0, Nova Arianto masih memiliki sejumlah catatan terkait penampilan Timnas U-16 Indonesia pada malam ini.

Salah satunya adalah aspek kreativitas pemain terutama dalam membongkar lawan yang menerapkan garis pertahanan rendah.

Nova Arianto Konpers ASEAN U-16 Championship 2024
Kepala pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, dalam sesi konpers usai laga kontra Filipina untuk babak penyisihan Grup A ASEAN U-16 Championship 2024 yang digelar Senin (24/6/2024) di Stadion Manahan, Solo. (Doddy Wiratama/)

“Ini pertandingan yang tak mudah buat. Kita bisa melihat Filipina membuat compact defense di lini pertahanan sendiri atau low block,” kata Nova Arianto dalam sesi konpers.

“Dan saya melihat pemain-pemain saya kurang kreatif untuk keluar dari situasi itu. Sebenarnya itu sudah kami siapkan pada sesi latihan.”

“Saya pun meminta pemain untuk lebih progresif. Karena dengan situasi lawan yang melakukan compact defense di belakang, pemain masih kurang kreatif,” tuturnya.

“Akan tetapi, saya tetap bersyukur. Saya mengapresiasi kerja keras semua pemain yang sudah bermain sangat luar biasa sampai 90 menit.” 

Berkat kemenangan malam ini, Timnas U-16 Indonesia untuk sementara memuncaki klasemen Grup A ASEAN Championship 2024 dengan raihan enam poin dari dua laga.

Raihan poin tim asuhan Nova Arianto sejatinya sama persis dengan milik Laos yang sore tadi menang 2-1 aatas Singapura.

Akan tetapi, Timnas U-16 Indonesia lebih berhak berada di puncak klasemen karena unggul selisih gol (+6) dibanding Laos (+4).

Timnas U-16 Indonesia sendiri dijadwalkan menghadapi Laos di Stadion Manahan, Solo pada Kamis (27/6/2024) malam.

Pertandingan tersebut bakal menentukan siapa tim yang lolos otomatis ke semifinal ASEAN U-16 Championship 2024 sebagai juara Grup A.

Sedangkan sang runner up masih harus menanti hasil Grup B dan C untuk mendapat kepastian lolos ke babak empat besar sebagai peringkat dua terbaik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat