sveosportu.com

Timnas U-16 Indonesia Mulai Persiapan Umum

Timnas U-16 Indonesia.

- Dua pekan menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta, Timnas U-16 Indonesia kini masuk fase persiapan umum.

Usai menggeber fisik secara intens, lalu diselingi asupan teknik dari staf pelatih, Marcel Mahardika dan kawan-kawan sekarang menjalani program ringan. 

“Alhamdulillah, sejak datang ke Yogyakarta, program yang diperintahkan Coach Nova (Arianto) untuk endurance dan sedikit teknik sudah berjalan dengan lancar," kata asisten pelatih Timnas U-16 Indonesia, Tommy Haryanto.

"Hari ini, kami berada di agenda persiapan umum. Mungkin besok ada ice bath, terus kita geser ke bawah,” dia menambahkan.

Sekarang masih ada 36 pemain Timnas U-16 Indonesia yang mengikuti training camp (TC) di Yogyakarta. Namun, jumlah tersebut bakal berkurang pada tahap berikutnya.

Tommy Haryanto mengungkapkan, sistem promosi-degradasi akan kembali diterapkan untuk mendapat talenta paling memenuhi syarat.

Apalagi beberapa pemain tambahan berstatus diaspora dan dari Asosiasi Provinsi juga segera bergabung.

"Ada pemulangan pemain di sesi TC berikutnya, karena kami akan geser ke Yogya kota. Jadi, ada beberapa pemain yang akan kami pulangkan, karena kuotanya hanya cukup 40 pemain. Dan juga ada kedatangan pemain lain lagi dari diaspora dan Asprov," ujar Tommy Haryanto.

Timnas U-16 Indonesia juga sempat melakoni internal game pada pekan lalu, dengan tujuan mengukur perkembangan pemain selama pemusatan latihan.

Dalam waktu dekat, Garuda Muda juga dijadwalkan kembali memainkan uji coba.

Tommy Haryanto mengatakan bahwa semua program ini sudah sesuai dengan instruksi yang diberikan pelatih kepala Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto.

Mengingat Nova sangat dekat dengan juru taktik Timnas Indonesia senior, Shin Tae-yong, maka filosofi bermain skuad U-16 juga akan mirip.

"Hal yang diinginkan oleh Coach Nova, dia selalu menekankan untuk bermain seperti apa yang dia mau, sesuai filosofinya," kata Tommy.

"Para pemain belajar mengikuti level kakak-kakak mereka di U-23 dan senior. Apa yang sudah kami berikan di dua kelompok tersebut, kami berikan juga di U-16 ini," lanjutnya.

Timnas U-16 Indonesia akan terus mempersiapkan diri jelang tampil di Piala AFF U-16 2024, Juni mendatang. Selain itu, mereka juga menatap Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat