sveosportu.com

Erick Thohir Apresiasi Kekuatan Mental Timnas U-16 Indonesia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: Yogie Gandanaya/Grafis: Yusuf/ Skor.id)

- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memuji mental dan fisik Timnas U-16 Indonesia usai menang di laga pembuka ASEAN U-16 Championship 2024.

Seperti diketahui, tim asuhan Nova Arianto itu berhasil memetik kemenangan telak pada penampilan perdana mereka di Grup A ASEAN U-16 Championship 2024.

Main di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam, Garuda Muda melibas Singapura U-16 dengan skor 3-0.

Setelah nyaris tertinggal lewat penalti Nathan Mao di menit ke-30, yang ditepis oleh kiper M Ichsan, Timnas U-16 Indonesia melesakkan tiga gol lewat Muhammad Mierza (40'), penalti Evandra Florasta (59'), dan Fandy Alberto (87').

Kemenangan ini sementara menempatkan mereka di puncak Grup A, setara dengan Laos U-16 yang juga menang atas Filipina U-16.

"Para pemain U-16 kita bermain cukup baik. Peluang gol sebenarnya banyak, tapi sering gagal karena kurang tenang. Tadi sempat dapat penalti, tapi berhasil digagalkan. Itu menunjukkan mereka punya fondasi mental yang kuat. Memang ada beban di 15 menit pertama, tapi setelah itu mereka bermain baik," kata Erick Thohir.

"Ada dua hal positif dari timnas tadi, fisik bagus dan mental juga baik," sosok yang juga menjabat Menteri BUMN RI itu menambahkan.

erick thohir timnas u-16
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (depan), menyaksikan kemenangan Timnas U-16 Indonesia atas Singapura dalam laga ASEAN U-16 Championship 2024 di Stadion Manahan, Solo, 21 Juni 2024. (Dok. PSSI)

Erick Thohir, yang menyaksikan langsung pertandingan Timnas U-16 Indonesia versus Singapura U-16 bersama Walikota Solo, Gibran Rakabumi Raka, serta sejumlah petinggi PSSI, mengaku senang dengan permainan yang disuguhkan skuad Nova Arianto.

Terutama bagaimana mereka bisa main tanpa beban meski ini adalah penampilan perdana di turnamen besar.

"Saat ketemu sebelum bermain, saya minta kepada anak-anak bermain lepas. Tanpa tekanan, dan itu diperlihatkan di pertandingan tadi," ujarnya. 

"Ada satu poin penting yang terlihat dari tim Garuda Belia ini bahwa skill dan mental mereka tergolong baik. Itu modal besar untuk jadi pemain andalan timnas kita di masa depan," lanjutnya.

Meski senang, Erick Thohir meminta agar Putu Panji dan kawan-kawan tidak terlena dan cepat puas.

Bagaimanapun, ini baru pertandingan pertama. Perjalanan masih panjang, bahkan mereka belum bertemu rival-rival kuat macam Vietnam, Thailand, hingga Australia.

Erick Thohir tak menampik bahwa dia berharap Timnas U-16 Indonesia mampu mempertahankan gelar. Tapi, saat ini fokus utama adalah lolos dari fase grup terlebih dulu.

"Memang tidak mudah. Target awal lolos grup dulu, apalagi di grup lain ada Vietnam, Thailand, dan Australia. Jika bisa juara, maka tak hanya mengulang prestasi sebelumnya, tapi mereka akan jadi tumpuan untuk lolos Piala Dunia U-17 tahun depan di Qatar," kata Erick. 

"Jika tahun lalu timnas kita lolos ke Piala Dunia khusus talenta muda karena tuan rumah, maka kali ini harus bisa rebut tiket. Dengan persiapan yang saya nilai cukup, mereka punya momentum untuk wujudkan hal itu," dia memungkasi.

Berikutnya, Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Filipina U-16 di Stadion Manahan, Senin (24/6/2024) malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat