sveosportu.com

Fabio Azka, Pemilik Lemparan Maut Penerus Pratama Arhan

fabio azka timnas u-16

- Ada satu sosok yang mencuri perhatian saat Timnas U-16 Indonesia mengalahkan Singapura U-16 di laga pembuka ASEAN U-16 Championship 2024, Jumat (21/6/2024).

Dia adalah Fabio Azka Irawan, bek 16 tahun yang mengawal sisi kanan pertahanan Garuda Muda.

Meski tak masuk papan skor dalam kemenangan 3-0 Timnas U-16 Indonesia di Stadion Manahan, Solo, talenta asal akademi Persija Jakarta itu cukup solid dan ikut andil mengamankan clean sheet. 

Namun, yang menjadi buah bibir bukan aksinya di lini belakang. Nama Fabio justru menjadi pembicaraan setelah memberi assist apik buat gol pembuka tim asuhan Nova Arianto.

Pada menit ke-40, Fabio Azka melakukan lemparan jarak jauh dari sisi kanan lapangan. Bola meluncur deras ke kotak penalti Singapura U-16 dan berhasil ditanduk Muhammad Mierza menjadi gol.

Proses ini sontak mengingatkan penggemar terhadap ciri khas fullback senior Timnas Indonesia, Pratama Arhan.

Kita tahu bek yang memperkuat Suwon FC itu juga kerap menyumbang assist buat gol-gol Timnas Indonesia lewat lemparan ke dalamnya.

Kini, fans Garuda senang ada pemain muda dengan skill serupa yang bisa menjadi penerus sebagai The Next Pratama Arhan.

timnas u-16 indonesia selebrasi
Fabio Azka Irawan (14) ikut merayakan gol Timnas U-16 Indonesia ke gawang Singapura U-16 dalam laga Grup A ASEAN U-16 Championship 2024 di Stadion Manahan, Solo, 21 Juni 2024. (Dok. PSSI)

"Memang Fabio ini kami dapatkan di saat pertandingan EPA Persija waktu itu di Sawangan. Dan, kebetulan kami sudah melihat bahwa Fabio punya lemparan ke dalam yang jauh," ujar pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, usai laga. 

"Hal itu yang kita coba persiapkan, kemampuan Fabio ini harus kita maksimalkan. Termasuk saat H-1 pertandingan (lawan Singapura), lemparan ke dalam Fabio kita asah agar bisa membuahkan gol. Dan bersyukur hari ini, gol pertama kita merupakan andil dari Fabio" 

"Tampaknya kita menemukan Arhan kedua. Harapannya ke depan dia akan terus berprogres," lanjut sang juru taktik.

Kemampuan istimewa Fabio Azka ini bakal menjadi salah satu senjata Timnas U-16 Indonesia dalam mengarungi ASEAN U-16 Championship 2024.

Apalagi dalam skuad Garuda Muda ada beberapa pemain berpostur tinggi, seperti Muhammad Mierza, Putu Panji, Raihan Apriansyah, dan lainnya.

Selanjutnya, Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Filipina U-16 di Stadion Manahan, Senin (24/6/2024). Bukan tak mungkin lemparan ke dalam Fabio Azka kembali memakan korban.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat