sveosportu.com

Fakta Menarik Albania vs Spanyol di Euro 2024

Meski Spanyol sudah memastikan lolos, laga Spanyol vs Albania tetap menyajikan sederet fakta menarik (Yusuf/Skor.id).

 – Laga Albania vs Spanyol mememiliki arti berbeda bagi kedua tim. Albania ingin membuka jalan ke 16 besar, sedangkan Spanyol sudah memastikan lolos sebagai juara Grup B Euro 2024

Laga Albania vs Spanyol akan dimainkan dini hari nanti atau Selasa (25/6/2024) pukul 02.00 WIB di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf.

Laga ini memiliki arti penting bagi Albania yang kini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup B dengan mengoleksi 1 poin.

Hal itu karena peluang Albania lolos ke 16 besar Euro 2024 masih terbuka untuk meraih tiket melalui jalur peringkat ketiga terbaik grup.

Jelang laga ini, menampilkan beberapa fakta menarik Albania vs Spanyol di Grup B:

  1. Spanyol telah memenangkan seluruh delapan pertemuan sebelumnya melawan Albania (mencetak 31 gol, kebobolan 3). 
  2. Albania telah kebobolan setidaknya dua gol dalam sembilan pertemuan mereka dengan Spanyol di semua kompetisi. 
  3. Kekalahan 0-9 dari Spanyol dalam kualifikasi Piala Eropa pada Desember 1990 tetap menjadi yang terbesar yang pernah dialami timnas Albania dalam laga resmi.
  4. Albania berhasil mencetak gol dalam dua pertandingan Euro 2024 mereka, meski belum meraih kemenangan.
  5. Tidak ada negara yang pernah mencetak gol dalam tiga pertandingan Piala Eropa berturut-turut tanpa berhasil memenangkan satu pun dari pertandingan tersebut.
  6. Spanyol bisa memenangkan tiga laga pertama Piala Eropa untuk kedua kalinya di kompetisi tersebut, setelah melakukannya pada 2008, edisi yang kemudian mereka menangkan (1-0 melawan Jerman di final).
  7. Albania kebobolan dua gol pada masing-masing dua pertandingan terakhirnya, keduanya di Euro 2024 (1-2 v Italia, 2-2 v Kroasia), setelah hanya kebobolan dua gol atau lebih satu kali dalam 14 pertandingan sebelumnya di semua kompetisi. 
  8. Timnas Albania belum kebobolan setidaknya dua gol dalam tiga pertandingan berturut-turut sejak lima pertandingan berturut-turut antara Oktober 2016 dan Juni 2017.
  9. Jika Pedri bermain untuk Spanyol dalam laga ini, ia akan mencetak rekor baru penampilan pemain Eropa di turnamen internasional besar (Piala Eropa atau Dunia) berusia 21 tahun ke bawah, melampaui Cristiano Ronaldo (mereka saat ini seri dengan 12 penampilan).
  10. Dalam dua laga Euro 2024, Kristjan Asllani jadi pemain Albania dengan percobaan tembakan terbanyak (4), tembakan tepat sasaran (2), umpan sukses (91) dan umpan ke sepertiga akhir lapangan (20); tidak ada rekan satu tim yang menciptakan peluang lebih banyak darinya (3).
  11. Pada hari kedua melawan Kroasia, Klaus Gjasula dari Albania menjadi pemain pertama dalam sejarah Eropa dan Piala Dunia yang masuk dari bangku cadangan dan mencetak gol serta gol bunuh diri. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat