sveosportu.com

10 Fakta Menarik dari Fase Grup Euro 2024

Bintang Georgia, Georges Mikautadze dan bintang Portugal, Cristiano Ronaldo. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

- Fase grup Euro 2024 telah berakhir. Selanjutnya, 16 tim yang lolos akan bertarung di fase 16 besar.

Dari laga fase grup ada sejumlah fakta menarik, di antaranya munculnya tim-tim seperti Georgia dan Rumania yang lolos ke fase knockout ini.

Kedua tim ini, khususnya Georgia, menjadi kejutan yang tiba-tiba muncul di akhir-akhir laga fase grup. Dan, data atau statistik memang memperlihatkan tim asuhan Willy Sagnol ini unggul di sejumlah aspek.

Sementara itu, Spanyol menjadi satu-satunya tim yang meraih hasil sempurna dalam fase grup: 3 laga, 3 kemenangan diraih tim asuhan Luis de la Fuente.

Yang menarik, menurut statistik UEFA.com, Timnas Spanyol pada Euro 2024 ini bermain dengan strategi sepak bola yang langsung (vertikal) tanpa terlalu banyak menerapkan startegi penguasaan bola.

Pada fase grup ini pula, ketika sejumlah tim kejutan muncul, para mesin gol Eropa yang sebelumnya memiliki rapor gol yang luar biasa di klub masing-masing justru belum terlihat level terbaiknya.

Kylian Mbappe dan Harry Kane contohnya yang masing-masing baru mampu mencetak 1 gol. Sedangkan Cristiano Ronaldo dari tiga laga ini juga belum menorehkan gol, meski dia telah menciptakna 1 assist.

Berikut ini 10 fakta menarik dari fase grup Euro 2024 yang baru saja berakhir:

1. Tim dengan gol terbanyak pada fase grup Euro 2024 ini adalah Jerman, dengan total menorehkan 8 gol.

Sedangkan Prancis hanya mencetak 2 gol dengan 1 gol di antaranya gol bunuh diri. Kroasia terlempar dari ajang ini meski telah menorehkan 3 gol.

2. Jerman juga tim yang memiliki penguasaan bola yang dominan dari rata-rata sepanjang 3 laga fase grup ini, yaitu 64,34 persen. Jumlah yang sama dengan Timnas Portugal.

Sedangkan Spanyol ada di peringkat kedelapan dari aspek ini dengan persentase rata-rata penguasaan bola mencapai 54 persen. Spanyol juga satu-satunya tim yang mampu mencatat clean sheet dari tiga laga fase grup.

3. Timnas Georgia, debutan di Piala Eropa, yang akan menjadi lawan Spanyol di 16 besar, memiliki penguasaan bola rata-rata mencapai 41,67 persen.

4. Tim dengan operan terbanyak dan juga tim dengan ketepatan dalam operan sepanjang fase grup Euro 2024 ini adalah Jerman. Der Panzer memiliki ketepatan operan terhadap bola mencapai 93 persen, disusul dengan Spanyol 90 persen.

5. Timnas Jerman juga merupakan tim dengan tembakan terbanyak dibandingkan dengan tim-tim kontestan lainnya di Euro 2024 ini: total 57 tembakan.

Di bawah mereka adalah Portugal dengan 54 tembakan, diikuti Timnas Turki dengan 50 tembakan.

6. Tim dengan daya jelajah (pergerakan) terluas adalah Italia dengan total 357,74 kilometer.

Sedangkan dari sisi individu (pemain), pergerakan terluas adalah pemain Albania yaitu Ramadani yang secara akumulasi pada fase grup ini mencapai 37,51 kilometer dari tiga laga yang dimainkan.

Di posisi kedua ada gelandang Timnas Italia, Nicolo Barella dengan 37,04 kilometer.

7. Bintang Timnas Georgia, Georges Mikautadze, merupakan pencetak gol terbanyak sementara dengan menorehkan 3 gol.

Diikuti dengan Niclas Fulkrug, Jamal Musiala (Jerman), Cody Gakpo (Belanda), Razvan Marin (Rumania), dan Ivan Schranz (Slovakia) yang masing-masing mencetak dua gol.

8. Sementara itu, para mesin gol Eropa seperti Kylian Mbappe, Harry Kane, dan Cristiano Ronaldo, masih minim.

Kylian Mbappe dan Harry Kane masing-maing baru mengoleksi 1 gol, sedangkan Cristiano Ronaldo belum mencetak gol.

9. Cristiano Ronaldo memimpin dalam daftar pemain yang melepaskan tembakan terbanyak sepanjang Euro 2024 ini di fase grup, total 12 tembakan dari tiga laga yang dimainkannya. Diikuti dengan pemain Denmark, Christian Eriksen dengan 10 tembakan.

10. Giorgi Mamardashvili merupakan kiper terbaik di turnamen ini sepanjang Euro 2024 ini bergulir. Dari tiga laga yang dimainkannya, dia telah melakukan 20 penyelamatan, lebih banyak dibandingkan dengan kiper lainnya, seperti di posisi kedua ada kiper Polandia yaitu Wojciech Szczesny.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat