sveosportu.com

Giorgi Mamardashvili Ancaman Timnas Spanyol

Kiper Timnas Georgia, Giorgi Mamardashvili. (Rahmat Adi Hidayat/Skor.id).

- Nama Giorgi Mamardashvili kini menjadi perhatian. Kiper Timnas Georgia ini yang akan dihadapi barisan lini depan Timnas Spanyol di 16 besar Euro 2024, Senin (1/7/2024) dini hari WIB nanti.

Giorgi Mamardashvili, penjaga gawang berusia 23 tahun, salah satu kunci sukses Timnas Georgia melangkah ke 16 besar.

Dari statistik di UEFA.com, Giorgi Mamardashvili merupakan kiper dengan penyelamatan terbanyak sepanjang Euro 2024 ini.

Total, 20 penyelamatan telah dibuat penjaga gawang ini. Jumlah tersebut menempatkannya di posisi pertama dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak di Euro 2024.

Bagi Giorgi Mamardashvili, laga menghadapi Timnas Spanyol akan menjadi pertandingan yang spesial karena statusnya yang merupakan kiper klub La Liga, Valencia.

Beruntung bagi Giorgi Mamardashvili karena di skuad La Roja untuk Euro 2024 ini, tidak ada satu pun pemain Valencia. Jadi, tidak ada yang benar-benar mengenalnya.

Sebaliknya, dia mengetahui kekuatan lini depan Spanyol karena pernah menghadapi pemain La Roja di La Liga.

Karena itu, mustahil bagi para pemain Spanyol jika tidak menempatkan kiper ini sebagai salah satu pemain yang harus diwaspadai.

Dengan rapornya sepanjang Euro 2024 ini, bukan tidak mungkin Giorgi Mamardashvili akan menjadi batu karang terakhir yang akan membuat frustrasi pemain La Roja.

"Pelatih Luis de la Fuente tentu tahu Giorgi Mamardashvili dan dia tahu bahwa timnya akan menghadapi kiper yang bisa mentransformasikan banyak hal kepada rekan setimnya," kata Jose Bordalas, pelatih asal Spanyol yang "menemukan" Giorgi Mamardashvili, ketika dirinya masih melatih Valencia.

Jose Bordalas memang salah satu pelatih yang memiliki peran bagi perkembangan karier Giorgi Mamardashvili di Valencia.

Pada musim panas 2021, Valencia mengumumkan tentang kehadiran kiper dengan nama yang asing: Giorgi Mamardashvili bergabung dengan status pinjaman.

Ketika itu, Giorgi Mamardashvili hanya dimainkan di tim kedua (cadangan), bahkan dia sempat "terdegradasi" ke kategori amatir, yaitu di level Tercera RFEF.

"Saya melihatnya dalam pramusim, dia duduk sendirian di ruang ganti, tanpa bisa satu pun bahasa Spanyol. Namun, dalam beberapa latihan saya kemudian melihatnya sudah bisa berbicara dengan beberapa staf pelatih," kata Jose Bordalas lagi.

Keberuntungan juga memberikan perannya dalam karier Giorgi Mamardashivili. Saat itu, kiper utama Valencia yaitu Jasper Cillessen, mengalami cedera jelang musim 2021-2022 akan bergulir.

Saat itulah, Jose Bordalas kemudian memberikan debut kepada Giorgi Mamardashvili. Di pekan pertama musim 2021-2022.

"Ketika saya menempatkannya langsung di hari pertama, mereka menyebut saya gila," kata Jose Bordalas.

"Namun, saya sudah melihat apa yang dilakukannya dlaam latihan, bagaimana dia menghentikan bola, dan dia membuat perbedaan. Saya tidak memiliki keraguan," dia menambahkan.

Valencia pun meraih kemenangan 1-0 di pertandingan pekan pertama musim 2021-2022 tersebut, dengan Giorgi Mamardashvili di bawah mistar.

Sejak saat itulah, namanya terus menjadi bagian dari starter Valencia. Termasuk ketika Jose Bordalas sudah pergi meninggalkan klub Valencia.

Giorgi Mamardashvili kini menjadi keuntungan bagi Valencia. Kiper yang mereka bawa dengan harga 850 ribu euro kini sudah meningkat nilainya. Value Giorgi Mamardashvili kini mencapai 40 juta euro.

Kini, Valencia siap untuk melepas sang kiper. Setelah Euro 2024 ini, akan ada banyak tawaran untuk penjaga gawang Timnas Georgia ini dan Valencia siap untuk melepas sang pemain dengan harga yang menguntungkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat