sveosportu.com

Gol Bunuh Diri Bawa Prancis Menang 1-0 atas Austria

Kylian Mbappe (tengah) dengan rekan setimnya. (Yusuf/Skor.id).

- Prancis menang 1-0 atas Austria dalam laga fase grup (Grup D) Euro 2024, Selasa (18/6/2024) dini hari WIB.

Gol kemenangan Prancis dalam pertandingan ini tercipta lewat gol bunuh diri pemain lawan pada menit ke-38.

Dengan kemenangan ini, Prancis meraih tiga poin pertama mereka dalam fase grup Euro 2024 ini.

Les Bleus berada di posisi kedua klasemen sementara Grup D di bawah Belanda yang sehari sebelumnya menang dengan skor 2-1 atas Polandia.

Penyerang dan kapten Timnas Prancis, Kylian Mbappe, berperan di balik terciptanya gol kemenangan timnya pada babak pertama tersebut.

Berawal dari aksi Kylian Mbappe yang melakukan tekanan ke sisi kiri jantung pertahanan Austria. Kylian Mbappe yang berhasil melewati adangan tiga pemain lawan, melakukan sebuah tendangan umpan silang.

Saat itulah, pemain Austria, Maximilian Wober, mencoba mengantisipasi bola tersebut. Namun, bek Austria ini malah menanduk bola ke arah gawangnya sendiri dan menjadi gol.

Dalam pertandingan ini, Kylian Mbappe dan kawan-kawan memang menghadapi kesulitan mencetak gol karena pertahanan Austria yang kuat.

Ada empat tembakan Timnas Prancis yang berhasil diblok oleh pemain bertahan Austria.

Les Bleus juga berhasil melepaskan 3 tembakan yang mengarah ke gawang namun namun tidak menjadi gol. Pasukan Didier Deschamps juga tercatat melepaskan 6 tembakan yang melenceng dari sasaran.

Kylian Mbappe sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-53 ketika dirinya sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Austria.

Berawal dari umpan jauh Adrien Rabiot, Kylian Mbappe berhasil membawa bola tersebut hingga masuk ke jantung pertahanan lawan. Namun, bola tembakannya yang sedikit melambung justru melenceng dari gawang Austria.

Dalam pertandingan ini, Didier Deschamps menurunkan Kylian Mbappe sebagai penyerang di lini depan dalam formasi 4-2-3-1.

Dengan dukungan Marcus Thuram sebagai penyerang sayap kiri dan Ousmane Dembele di sayap kanan. Sementara Antoine Griezmann sebagai playmaker.

Hingga Pertandingan berakhir, tidak ada gol lagi yang tercipta. Prancis menang 1-0 melalui gol bunuh diri lawan yang bermula dari umpan silang Kylian Mbappe.

Kylian Mbappe Patah Tulang Hidung

Meski menang, Pelatih Didier Deschamps harus menarik Kylian Mbappe karena sang pemain mengalami cedera di tulang hidungnya.

Momen tersebut terjadi pada menit ke-86 ketika Kylian Mbappe mencoba memanfaatkan bola udara namun mendapat perlawanan dari bek Austria, Kevin Danso.

Saat itulah, wajah Kylian Mbappe, dalam hal ini bagian hidungnya justru membentur bahu Kevin Danso. Kylian Mbappe terjatuh dan tampak hidungnya berdarah.

Didier Deschamps kemudian menarik Kylian Mbappe dari lapangan dan menggantikannya dengan Olivier Giroud.

Fakta Menarik

  • Seperti Euro 2024 ini, Prancis juga mencetak gol pertama mereka di Euro sebelumnya (2020) dengan gol bunuh diri lawan, ketika itu pemain Jerman, Mats Hummels mencetak gol tersebut.
  • Kemenangan ini merupakan kemenangan ke-100 Didier Deschamps dalam kariernya sebagai pelatih (30 imbang dan 24 kekalahan).
  • Kylian Mbappe kini terlibat dalam terciptanya 25 gol dari 15 laga terakhir dengan Timnas Prancis (15 gol dan 10 assist).

Hasil Pertandingan dan Susunan Pemain

Austria 0-1 Prancis

Gol: 0-1 (Maximilian Wober, bd)

Austria (4-2-3-1): Patrick Pentz; Stefan Posch, Kevin Danso, Max Wober/Gernot Trauner (59), Philipp Mwene/Alexander Prass (88); Nicolas Seiwald, Florian Grillitsch/Patrick Wimmer (59); Konrad Laimer/Romano Schmid (90), Christoph Baumgarther, Marcel Sabitzer; Michael Gregoritsch/Marko Arnautovic (59)

Pelatih: Ralf Rangnick

Prancis (4-2-3-1): Mike Maignan; Jules Kounde, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernandez; N'Golo Kante, Adrien Rabiot/Eduardo Camavinga (71); Ousmane Dembele/Randal Kolo Muani (71), Antoine Griezmann/Youssouf Fofana (90), Marcus Thuram; Kylian Mbappe/Olivier Giroud (90)

Pelatih: Didier Deschamps

Kartu kuning: Kevin Danso, Max Wober, Philipp Mwene, Konrad Laimer, Christoph Baumgarther, Kylian Mbappe, Ousmane Dembele

Kartu merah:

Wasit: Jesus Gil

Stadion: Merkur Arena

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat