sveosportu.com

Austria Menang 3-2 atas Belanda, Lolos ke 16 Besar

Laga Belanda vs Austria dalam lanjutan Grup D Euro 2024 akan berlangsung di Olimpiastadion Selasa (25/6/2024) malam WIB (Hendy Andika/Skor.id).

- Austria membuat kejutan dengan merebut posisi puncak klasemen Grup D lewat kemenangan 3-2 atas Belanda dalam laga fase grup Euro 2024, Selasa (25/6/2024) malam WIB.

Austria yang jelang laga ini ada di posisi jetuga kini naik memimpin Grup D, menggeser Belanda, sekaligus lolos ke 16 besar sebagai juara Grup D.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Olympia ini, Das Team (julukan Austria) sudah langsung menggebrak lewat gol aksi Alexander Prass yang mencoba memberikan peluang bagi rekan setimnya.

Bintang Timnas Belanda, Donyell Malen, yang mencoba mengantisipasi bola tersebut justru mencetak gol ke gawang timnya sendiri, alias mencetak gol bunuh diri.

Keunggulan ini membuat Austria semakin percaya diri. Sementara itu, Belanda yang tertinggal harus mengakhiri babak pertama dengan kedudukan tertinggal 0-1.

Pada babak kedua, Belanda sempat menyamakan kedudukan melalui penyerang mereka, Cody Gakpo memanfaatkan assist Xavi Simons.

Setelah itu, aksi berbalas gol pun terjadi. Austria kembali unggul dengan gol yang diciptakan gelandang Romano Schmid pada menit ke-59.

Romano Schmid mencetak gol tersebut dengan menanduk umpan silang Florian Grillitsch.

Tertinggal 1-2 membuat Timnas Belanda mencoba mengejar. Memphis Depay akhirnya berhasil mencetak gol untuk Oranje pada menit ke-75.

Gol tersebut diciptakan Memphis Depay dengan meneruskan assist yang diberikan rekan setimnya, Wout Weghorst.

Wasit kemudian sempat menghentikan pertandingan untuk melihat VAR. Namun, keputusan tetap tidak berubah, Belanda mencetak gol kedua di laga ini.

Hanya, harapan Belanda untuk menghindari kekalahan gagal terwujud. Austria mencetak gol ketiga mereka di pertandingan ini.

Marcel Sabitzer mencetak gol ketiga Austria dengan kaki kirinya dan memastikan kemenangan mereka 3-2 atas Oranje, yang membawa mereka lolos ke 16 besar sebagai juara grup.

Sementara itu, Belanda harus puas berada di posii ketiga dan nasih mereka akan ditentukan melalui peringkat di klasemen grup peringkat ketiga terbaik.

Hasil Pertandingan dan Susunan Pemain

Belanda 2-3 Austria

Gol: 0-1 (Donyell Malen, 6), 1-1 (Cody Gakpo, 47), 1-2 (Romano Schmid, 59), 2-2 (Memphis Depay, 75), 2-3 (Marcel Sabitzer, 80)

Belanda (4-2-3-1): Bart Verbruggen; Lutsharel Geertnida, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Tijadi Reijnders, Jerdy Schouten, Joey Veerman; Donyell Malen, Memphis Depay, Cody Gakpo

Pelatih: Ronald Koeman

Austria (4-2-3-1): Patrick Pentz; Stefan Posch, Maximilian Wober, Philipp Lienhart, Alexander Prass; Nicolas Seiwald, Florian Grillitsch; Patrick Wimmer, Marcel Sabitzer, Romano Schmid; Marko Arnautovic

Pelatih: Ralf Rangnick

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat