sveosportu.com

Calon Lawan di ASEAN U-16 Championship 2024: Singapura U-16

singapura u-16

- Akhir pekan ini, tepatnya Jumat (21/6/2024), Timnas U-16 Indonesia akan memulai perjuangan di ASEAN U-16 Championship 2024, atau yang dulunya bernama Piala AFF U-16.

Turnamen ini dihelat di Kota Solo, dengan dua stadion dipilih menjadi venue, yakni Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari.

Timnas U-16 Indonesia yang diasuh Nova Arianto tergabung di Grup A bersama Singapura, Filipina, dan Laos.

Sebelum turnamen dimulai, ada baiknya kita mengenal satu persatu calon lawan Garuda Muda. Pada artikel ini, kami secara khusus mengupas tentang Singapura U-16.

Berikut beberapa informasi tentang tim berjuluk The Young Lions tersebut:

Profil pelatih

Sosok yang dipercaya menangani Timnas U-16 Singapura adalah Angel Toledano, juru taktik berkebangsaan Spanyol.

Dia sudah bekerja dengan para pemain muda Singapura sejak April 2022. Pelatih berlisensi UEFA Pro itu juga diketahui pernah memimpin akademi Barcelona pada 2014 hingga 2018.

Cabut dari Katalan, Angel Toledano mulai petualangannya di sepak bola Asia. Dia sempat menjadi bagian timnas kelompok umur Cina, yakni asisten pelatih U-25 dan U-16.

Pria 34 tahun itu juga pernah dipercaya sebagai asisten pelatih klub Tianjin Tianhai, lalu memimpin tim cadangan Hubei Istar.

Bersama Singapura U-16, Angel Toledano turun di Piala AFF U-16 2022, di mana mereka langsung kandas di fase grup sebagai juru kunci. 

Pemain kunci

Timnas U-16 Singapura belum mengumumkan skuad resmi mereka untuk ASEAN U-16 Championship 2024.

Namun, jika melihat turnamen terakhir yang diikuti, yakni Lion City Cup 2023, September lalu, ada beberapa nama yang patut dicermati.

Salah satunya adalah Nathan Mao Zi Xuan. Baru berusia 16 tahun, tapi sudah menembus skuad utama Lion City Sailors FC di kompetisi domestik hingga kontinental.

Bisa beroperasi sebagai penyerang, gelandang, hingga winger, Nathan Mao adalah pemain serbabisa. Kekuatannya terletak pada visi bermain dan kecerdikan memanfaatkan ruang.

Sebagai salah satu talenta muda paling cemerlang di Singapura saat ini, ASEAN U-16 Championship 2024 bisa menjadi ajang unjuk gigi bagi pemain kelahiran 26 Maret 2008 tersebut. 

Kiprah di Piala AFF U-16

Singapura merupakan salah satu kontestan reguler di Piala AFF U-16, atau kini sudah berubah nama menjadi ASEAN U-16 Championship.

Dari 15 edisi yang pernah terselenggara, mereka cuma empat kali absen.

Pencapaian terbaik The Young Lions adalah peringkat keempat pada Piala AFF U-16 2008 dan 2011. Mereka belum pernah masuk final, apalagi juara.

Tujuh penampilan terakhir, Singapura U-16 selalu karam di fase grup. 

Namun, mereka bukan lawan yang bisa diremehkan. Apalagi tahun ini pelatih Angel Toledano membawa skuad berisi wajah-wajah baru yang lebih segar.

Perkiraan formasi

Singapura U-16 (4-3-3): Noor Aydrin; Luth Harith, Kieran Tan, Iliya Naufal, Dani Qalish; Andy Reefqy, Harith Danish, Jaden Heng; Nathan Mao, Sarrvin Raj, Uchenna Eziakor;

Pelatih: Angel Toledano

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat