sveosportu.com

Jadwal MotoGP Belanda 2024: Menanti Pembuktian di Assen

Cover MotoGP Belanda 2024

– Setelah hampir satu bulan jeda, Kejuaraan Dunia MotoGP 2024 akan bergulir lagi akhir pekan ini dengan putaran kedelapan, Grand Prix Belanda, di Sirkuit Assen, 28-30 Juni. 

Banyak hal terjadi pada rentang waktu setelah MotoGP Italia dan Tes Mugello hingga menjelang balapan di Assen, Belanda, khususnya terkait transfer pembalap untuk musim 2025. 

Dari Jorge Martin yang merapat Aprilia Racing, promosi Marc Marquez ke tim pabrikan Ducati, Maverick Vinales dan Enea Bastianini menyeberang ke satelit KTM, hingga Marco Bezzecchi menyusul Martinator.

Namun, lupakan sejenak urusan masa depan karena sekarang para pembalap bakal kembali mengalihkan fokusnya ke trek, melanjutkan persaingan musim ini dalam MotoGP Belanda 2024.

Race weekend di Cathedral of Speed, julukan Sirkuit Assen, telah menanti. Akhir pekan ini spesial sebab akan menandai Grand Prix ke-75 di trek sepanjang 4,5 kilometer tersebut.

Juara dunia bertahan sekaligus bintang Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia, tentunya datang dengan motivasi tinggi. Assen merupakan salah satu trek favoritnya. 

Pecco, sapaan akrab Bagnaia, adalah pemenang dua race terakhir MotoGP Belanda. Ia juga tengah dalam performa terbaik setelah finis terdepan dalam dua balapan sebelumnya, GP Catalunya dan juga GP Italia.

Jadi, ia mengincar hat-trick kemenangan di Assen. Selain itu, Pecco Bagnaia ingin membuktikan kelasnya usai mengetahui calon rekan barunya musim depan, yakni juara dunia enam kali MotoGP, Marc Marquez

“Setelah Mugello (GP Italia), istirahat selama tiga minggu untuk pemulihan adalah hal yang bagus. Tetapi kini saatnya kembali ke bisnis serius, dan saya senang melanjutkan musim ini dari Assen, salah satu trek favorit saya yang juga saya tato di lengan saya,” ujar Bagnaia.

“Pada beberapa GP terakhir kami telah bekerja secara baik dan feeling saya dengan (motor) Desmosedici sangat baik. Saya baru saja meraih dua kemenangan beruntun, tiga kali jika juga sprint Mugello dihitung.”

“Jadi, tentu targetnya untuk melanjutkan performa. Semoga cuacanya bagus dan memungkinkan kami bekerja konsisten sejak sesi pertama hari Jumat. Namun, saya siap menghadapi akhir pekan balapan dalam kondisi apa pun.” 

Tak hanya pembalap yang kini menduduki peringkat kedua klasemen MotoGP 2024 itu yang mengincar hasil maksimal di Assen. Rivalnya seperti Jorge Martin (Prima Pramac Racing) dan Marc Marquez (Gresini Racing) pun ingin menang. 

Seperti Bagnaia, keduanya pun ingin membuktikan diri. Martin berniat membuat Ducati menyesal tidak mempromosikannya ke tim pabrikan. Sedangkan Marquez bertekad menunjukkan ia layak dipromosikan plus mempersembahkan kemenangan pertama bagi Gresini.             

Akhir pekan MotoGP Belanda di Assen akan dimulai dengan dua sesi latihan Jumat (28/6/2024). Lalu berlanjut dengan kualifikasi dan sprint hari Sabtu (29/6/2024). Puncaknya adalah balapan utama pada Minggu (30/6/2024).  

Jadwal Lengkap MotoGP Belanda, 28-30 Juni 2024:

Jumat, 28 Juni
15.45-16.30 WIB: Latihan Bebas 1
20.00-21.00 WIB: Latihan

Sabtu, 29 Juni
15.10-15.40 WIB: Latihan Bebas 2
15.50-16.30 WIB: Kualifikasi
20.00 WIB: Sprint (13 Lap)

Minggu, 30 Juni
14.40-14.50 WIB: Warm Up
19.00 WIB: Balapan (26 Lap)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat