sveosportu.com

Jens Raven Resmi Jadi WNI, Opsi Serangan Timnas Indonesia

Jens Raven resmi menjadi WNI. (Foto PSSI/Grafis Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

- Striker Timnas U-20 Indonesia, Jens Raven resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah pada Kamis (27/6/2024).

PSSI mengumumkan Jens Raven telah resmi mengambil sumpah kewarganegaraan sebagai WNI. Kehadirannya diharapkan bisa menjadi opsi tambahan untuk Timnas Indonesia (senior).

Pemain klub FC Dordrecht itu baru berusia 18 tahun (kelahiran 1 Oktober 2005) dan merupakan bagian dari skuad Timnas U-20 Indonesia atau juga U-19.

Meski demikian, ia tetap dapat naik kelas ke Timnas Indonesia, mengingat kemampuan serangan masih menjadi permasalahan Garuda sesuai pengakuan pelatih Shin Tae-yong.

"Sudah pasti saya menyambut baik kehadiran Jens Raven, pemain muda untuk menambah skuad timnas, baik yang U-19 ataupun pelapis timnas senior yang memang butuh pemain berkualitas" kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Kamis (27/6/2024).

"Apalagi setelah banyak kami menambah pemain-pemain belakang, kehadiran Jens yang biasa main di lini tengah-depan, sangat kita butuhkan," ia menambahkan.

Sebelumnya Komisi X dan III DPR RI memang telah menyetujui permohonan naturalisasi Jens Raven, bersama pemain keturunan Indonesia lainnya, Calvin Verdonk, 3 Juni 2024.

Nama kedua yang sudah berada di Indonesia lekas menyelesaikan proses naturalisasinya dan sudah menjalani debut membela Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Jens Raven memperkuat Timnas U-20 Indonesia saat menghadapi Panama pada Turnamen Toulon 2024 di Prancis, 6 Juni 2024. (Dok. PSSI)
Jens Raven memperkuat Timnas U-20 Indonesia saat menghadapi Panama pada Turnamen Toulon 2024 di Prancis, 6 Juni 2024. Penyerang berusia 18 tahun ini juga jadi bagian Timnas U-19 Indonesia untuk ASEAN U-19 Championship 2024. (Dok. PSSI)

Sedangkan Jens Raven, menghadiri sidang secara virtual, zoom, didampingi oleh tim pelatih Timnas U-20 Indonesia, tepatnya Indra Sjafri dan Bima Sakti.

Ia tak dapat hadir langsung karena Timnas U-20 Indonesia sedang berada di Prancis untuk tampil pada Turnamen Toulon 2024 dan bersaing dengan Ukraina, Panama, Jepang, dan Italia.

Selepas mengikuti turnamen tersebut, nama Jens Raven juga masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Indra Sjafri ke Timnas U-19 Indonesia untuk agenda selanjutnya.

Garuda Muda dijadwalkan ambil bagian pada ASEAN U-19 Championship 2024 yang akan berlangsung di Surabaya pada 17 hingga 29 Juli 2024.

Timnas U-19 Indonesia tergabung di Grup A bersama Filipina, Kamboja, dan Timor Leste. Seluruh duel dijalani Garuda Muda di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Adapun tim asuhan Indra Sjafri yang juga diperkuat Jens Raven juga dipersiapkan untuk berjuang pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang berlangsung pada 21 hingga 29 September 2024.

Timnas U-20 Indonesia masuk dalam Grup F bersama Yaman, Timor Leste, dan Maladewa. Garuda Muda bertindak sebagai tim tuan rumah grup tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat