sveosportu.com

Mana Lebih Baik, Manuel Neuer atau Marc-Andre ter Stegen

Manuel Neuer kembali mengalahkan Marc-Andre Ter Stegen untuk posisi kiper utama Timnas Jerman di turnamen besar, kali ini Euro 2024. (M. Yusuf/Skor.id)

– Dalam beberapa pekan terakhir sebelum pertandingan pertama Euro 2024 melawan Skotlandia, Jumat (14/6/2024) malam atau Sabtu dini hari pukul 02.00 WIB, kontroversi lama di Timnas Jerman soal siapa kiper starter mereka, kembali mencuat. 

Perdebatan tentang siapa yang seharusnya menjadi penjaga gawang utama The Mannschaft, apakah Manuel Neuer atau Marc-Andre ter Stegen, kembali mengemuka. Pelatih Timnas Jerman Julian Nagelsmann pun langsung mengambil keputusan tegas. 

Faktanya, situasi terkait posisi kiper Timnas Jerman telah berlangsung cukup lama karena penampilan Neuer baru-baru ini yang dalam sejumlah turnamen penting dinilai tidak memenuhi apa yang dibutuhkan suatu negara yang terkenal kuat di sepak bola dunia seperti Jerman. 

Tidak tergantikan sejak menempati posisi kiper utama Jerman di Piala Dunia 2010, kiper klub FC Bayern Munchen itu sudah kebobolan 20 gol dalam 10 pertandingan terakhir antara Piala Dunia 2018, Euro 2020, dan Piala Dunia 2022.

Belum lagi rangkaian cedera, utamanya patah kaki yang membuat Neuer terpaksa absen selama 311 hari hingga melewatkan 44 pertandingan baik untuk Munchen maupun Timnas Jerman, antara 10 Desember 2022 sampai 17 Oktober 2023.

Nampaknya, di usia Neuer yang kini sudah 38 tahun, sudah saatnya memberi jalan kepada Marc-Andre Ter Stegen yang berhasil kembali ke level terbaiknya dalam beberapa musim terakhir. 

Terlebih lagi, cedera serius yang dideritanya pada pertengahan musim lalu, bersamaan dengan kedatangan Nagelsmann ke timnas, membuat akhir dari Manuel Neuer di Die Mannschaft hampir terwujud.

Apalagi hubungan antara Neuer dan Nagelsmann saat itu jauh dari kata indah. Publik tentu ingat bahwa saat Nagelsmann melatih Munchen, ia memecat Toni Tapalovic, pelatih kiper Die Bayern dan teman dekat Manuel Neuer, karena dituding membocorkan informasi kepada kiper Jerman tersebut.  

Dengan cederanya Neuer, Ter Stegen tampil di pertandingan pertama Nagelsmann sebagai pelatih Jerman pada 14 Oktober 2023 saat menang 3-1 dalam laga persahabatan di kandang Amerika Serikat. 

Namun, setelah pulih, Neuer kembali mendapatkan posisinya dan tidak lagi meninggalkan gawang. 

Komparasi Neuer dan Ter Stegen di Bawah Nagelsmann

Sejak ditunjuk menjadi pelatih Timnas Jerman, menjelang akhir September 2023, Nagelsmann sudah melakoni delapan pertandingan (4 menang, 2 imbang, 2 kalah). Namun, karena Jerman menjadi tuan rumah Euro 2024, tak satu pun dari laga itu yang kompetitif. 

Dari delapan laga itu, Ter Stegen empat kali dimainkan dan Jerman memetik tiga kemenangan dan satu imbang. Namun, ia kebobolan lima gol dari empat pertandingan itu. 

Neuer dimainkan pada dua pertandingan terakhir Jerman dan hanya sekali kemasukan, setelah Die Mannschaft ditahan Ukraina 0-0 dan menang 2-1 atas Yunani. Adapun saat kalah dari Turki (2-3) dan Austria (0-2), gawang Jerman dijaga Kevin Trapp. 

Ter Stegen memang kemasukan lebih banyak daripada Neuer. Tetapi, ia memainkan laga dua kali lebih banyak daripada Neuer. 

Situasi ini, secara logika, membuat Ter Stegen meradang. Di usianya yang sudah menginjak 32 tahun, praktis ia sudah tidak bisa lagi bermain di turnamen besar dengan membela timnya sebagai starter. Dan, setelah tidak bermain satu menit pun dalam pertandingan persahabatan melawan Ukraina, dia akhirnya meledak.

“Ini bukan situasi yang menyenangkan. Sekalipun saya tidak setuju, pada akhirnya ada tanggung jawab bersama tim, jadi saya akan membantu sebanyak yang saya bisa,” tutur Ter Stegen, yang sudah 40 kali berseragam Timnas Jerman dengan 12 clean sheet

“Saya mengatakan kepada pelatih nasional bahwa ada satu hal dalam olahraga dan yang lainnya adalah masalah kemanusiaan. Saya ingin semua orang bisa mempercayai saya,” kata pria asal Monchengladbach, Jerman, itu. 

Hal tersebut tidak berhenti sampai di situ karena Neuer pun angkat suara dan secara terbuka menanggapi rekan setimnya. 

“Ini masalah yang sudah diketahui umum di posisi penjaga gawang. Belum pernah ada pelatih yang mengizinkan dua penjaga gawang bermain,” ujar kiper yang sudah 119 kali membela Timnas Jerman, sejak 2009. 

“Ter Stegen tahu situasinya. Sayang sekali karena dia adalah kiper kelas dunia yang telah menunjukkan penampilan bagus. Tapi itu juga bagian dari bisnis.”

Keputusan Nagelsmann

Sekali lagi, seperti yang diharapkan, Neuer kembali mengenakan sarung tangan pada pertandingan melawan Yunani yang dimenangi Jerman, 2-1. 

Pun begitu, Jerman harus bangkit setelah terjadi kesalahan mendasar yang dilakukan Neuer dalam upaya memblok tembakan Christos Tzolis yang berujung pada gol awal Georgios Masouras.

Ini bukan pertama kalinya Neuer mengacau dalam beberapa minggu terakhir. Publik pasti masih ingat bahwa dialah yang membangkitkan kembali Real Madrid di leg kedua semifinal Liga Champions 2023-2024. 

Munchen yang sudah unggul 1-0 tidak mampu ke final usai dua gol yang dicetak Joselu. Saat hanya dua menit tersisa di waktu tambahan, tembakan dari Vinicius Jr tak mampu diantisipasi dengan baik oleh Neuer hingga bola muntah dicocor Joselu untuk gol pertamanya. 

Hal yang sama terjadi pada pertandingan persahabatan Jerman melawan Ukraina, Senin (10/6/2024) lalu. Hampir di tengah lingkaran, Neuer secara tidak sengaja memberikan bola kepada Andriy Yarmolenko dan langsung mengopernya ke Artem Dovbyk. Jerman beruntung karena penyerang Girona FC itu terjebak offside hanya beberapa milimeter.  

“Saya tidak ingin membahas peran penjaga gawang. Manuel Neuer adalah dan akan menjadi penjaga gawang utama kami. Saya tidak akan membiarkan kontroversi apa pun muncul, bahkan jika semua orang mencoba untuk menjadi starter,” kata Nagelsmann usai pertandingan melawan Yunani. 

Berdasarkan apa yang telah terlihat, tampaknya Neuer tidak dapat disentuh. Namun dari Jerman, sepertinya penggemar Die Mannschaft akan terus menyorotinya. Sekarang, jika ada sesuatu yang tersisa dari Neuer sejatinya hanyalah kepribadiannya yang mampu menangani situasi seperti ini.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat