sveosportu.com

Nico Williams, dari Euro 2024 ke Klausul Pelepasan Menggoda

Penyerang Athletic Bilbao, Nico Williams. (Yusuf/Skor.id).

Nico Williams menjadi tokoh protagonis dalam kemenangan 1-0 Spanyol atas Italia pada pertandingan kedua Grup B Euro 2024, Kamis (20/6/2024) malam lalu. 

Pemain sayap kelahiran 2002 itu benar-benar membuat bek kanan Italia Giovanni Di Lorenzo gila karena tidak pernah mampu menahannya. Akibat umpan silang Williams, bek tengah Riccardo Calafiori pun tidak sengaja menceploskan bola ke gawang sendiri.

Sebuah penampilan yang membuat Williams mendapatkan penghargaan man of the match dan dapat menarik minat pasar yang besar dalam waktu dekat, terutama karena klausul pelepasan yang termasuk dalam kontraknya dengan klub La Liga, Athletic Bilbao.

Bilbao siap melepas adik kandung Inaki Williams – juga pemain Bilbao – tersebut jika ada klub yang mau membayar klausul pelepasannya yang “hanya” 58 juta euro (50 juta euro menurut media Spanyol, Marca). 

Jika dilihat dari performa winger berusia 21 tahun itu saat melawan Gli Azzurri, rasanya murah bagi klub top asal Spanyol seperti FC Barcelona yang sudah lama memburunya, hingga klub-klub elite Liga Inggris semacam Chelsea FC, Arsenal FC, dan Liverpool FC.

Selain di tim nasional Spanyol, Nico Williams juga menjadi protagonis musim hebat bersama klub asal Basque tersebut pada 2023-2024 lalu. Williams mencetak 8 gol dan 19 assist dari total 37 kali turun (La Liga dan Piala Raja), dengan satu Piala Raja (Copa del Rey) di akhir musim. 

Performa Williams, yang jika dipadukan dengan dua laga awal Piala Eropa 2024, bisa memicu klub-klub mencari pemain sayap menyerang baru di pasaran. 

Chelsea Enggan Bayar Klausul Pelepasan

Pun begitu, dilaporkan pada Minggu (23/6/2024) sore bahwa Chelsea telah mengalihkan perhatian mereka ke Williams sebagai target prioritas mereka untuk posisi sayap menyusul keputusan Michael Olise (Crystal Palace FC) untuk bergabung dengan FC Bayern Munchen. 

Namun, jurnalis pakar transfer Matteo Moretto mengatakan kepada Football Espana bahwa saat ini Chelsea tidak mempertimbangkan kesepakatan untuk Williams karena biayanya. The Blues merasa klausul pelepasan Williams dan tuntutan gajinya saat ini di luar jangkauan mereka.

Hal ini cukup mengejutkan, karena Olise akan pindah ke Munchen dengan biaya yang sama, meski tuntutan gajinya tidak diketahui. 

Selama ini, Bilbao terkenal tidak melakukan negosiasi untuk mendapatkan pemain bintangnya, malah menuntut klausul pelepasannya dibayar penuh. 

Fakta bahwa Chelsea tidak bisa mengurangi biaya yang dikeluarkan Williams – bahkan dalam jangka waktu lima tahun – mungkin merupakan bagian penting untuk dipertimbangkan, karena mereka diyakini telah mematuhi peraturan keuangan Liga Inggris. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat