sveosportu.com

Pelatih Dewa United Bicara Peluang Belanda Juarai Euro 2024

jan olde - dewa united

- Euforia Euro 2024 juga dirasakan para pelaku sepak bola asal Eropa yang ada di Indonesia, salah satunya pelatih Dewa United FC, Jan Olde Riekerink.

Dia mengaku selalu menantikan digelarnya turnamen empat tahunan tersebut. Apalagi negaranya, Belanda, merupakan salah satu kekuatan besar di Eropa.

"Kita tahu, di masa lalu, Euro 1988, kami (Belanda) juara. Jadi, bisa dipahami betapa besar arti turnamen ini bagi kami," ujar Jan Olde Riekerink, dikutip dari kanal YouTube Dewa United FC.

"Sudah pasti kami selalu antusias menyambutnya. Piala Eropa dan Piala Dunia adalah dua kompetisi tertinggi yang kami tahu," dia menambahkan.

Soal peluang Timnas Belanda mengulangi pencapaian 36 tahun lalu, Jan Olde Riekerink sedikit ragu. Meski berharap De Oranje juara, dia sudah senang jika tim asuhan Ronald Koeman tembus empat besar.

"Satu grup dengan Polandia, Austria, dan Prancis, saya rasa Prancis diunggulkan. Bahkan mereka bisa menjadi juara," kata Riekerink.

"Buat Belanda, yang terpenting adalah lolos dulu ke babak knockout. Jika mampu, saya berharap mereka bisa sampai setidaknya semifinal," lanjutnya.

Menurut Jan Olde Riekerink, ada beberapa negara lain yang punya peluang juara lebih besar dibandingkan Belanda. Prancis merupakan salah satunya, lalu ada tuan rumah Jerman, serta Inggris.

"Saya tahu Prancis memiliki skuad yang bagus, fisik kuat, organisasi permainan baik, terutama pertahanan. Pemain seperti Kylian Mbappe akan selalu membuat perbedaan," ujarnya.

"Inggris juga tim yang sangat kuat. Sementara, Jerman adalah musuh bebuyutan Belanda, apalagi mereka main di kandang. Sudah sepantasnya menjadi favorit," juru taktik 61 tahun itu menambahkan.

Bicara pemain favorit di Timnas Belanda, Jan Olde Riekerink sejatinya menyukai Frenkie de Jong. Tapi, gelandang Barcelona itu ternyata urung tampil di Euro 2024 akibat cedera parah.

"Dia pemain yang hebat, pemahamannya terhadap permainan sangat luar biasa. Sayang, dia harus meninggalkan kamp latihan," kata pelatih yang baru saja memperpanjang kontrak bersama Dewa United FC itu.

"Tapi, Belanda masih punya Memphis Depay, yang menurut saya juga pemain istimewa. Dan, kami kini memiliki pertahanan kelas dunia, salah satunya berkat Virgil van Dijk," lanjutnya.

Timnas Belanda sementara memimpin Grup D Euro 2024 dengan 4 poin dari dua pertandingan. Mereka menang 2-1 atas Polandia sebelum ditahan imbang Prancis 0-0.

Selanjutnya, Virgil van Dijk dan kawan-kawan bakal menghadapi Austria pada Selasa (25/6/2024) untuk menentukan tiket ke babak 16 besar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat