sveosportu.com

PSS Sleman Datangkan Dua Pemain Asing Asal Brasil

PSS Sleman. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

- Tak mau kalah dengan para rival, PSS Sleman juga mulai memperkenalkan pemain asing untuk Liga 1 2024-2025.

Tak tanggung-tanggung, dua nama sekaligus diumumkan klub berjuluk Laskar Sembada itu pada Selasa (2/7/2024). Semua berasal dari Brasil.

Pertama, ada seorang gelandang sentral atas nama Roberto Pimenta Vinagre Filho, atau bisa disingkat Betinho.

Berusia 32 tahun, ini bakal menjadi pengalaman pertama Betinho Filho meniti karier di luar Brasil. Terakhir, dia membela AD Confianca di kasta ketiga Negeri Samba.

Kedatangan Betinho diharapkan kian memperkuat lini tengah PSS Sleman jelang bertarung di Liga 1 musim depan.

"Tentu saja, pilihan ini bukan tanpa resiko. Namun, setelah berdiskusi dan mendapatkan informasi dari beberapa teman yang berkarir di Indonesia, mereka mengatakan banyak hal bagus. Jadi, saya memutuskan untuk mengambil tawaran ini," ujar Betinho Filho.

"Saya telah menjalani kompetisi sepak bola dari berbagai tingkatan di Brasil. Menurut saya, hal itu sangat membantu beradaptasi dengan sepak bola Indonesia," dia menambahkan.

Satu pemain lagi bakal mengisi bawah mistar PSS Sleman. Manajemen klub merasa sektor ini merupakan titik lemah musim lalu.

Oleh karena itu, kiper asal Brasil, Alan Bernardon, didatangkan. Dia punya postur raksasa, yakni hingga 2,01 meter.

Musim lalu, penjaga gawang 30 tahun itu merumput bersama klub kasta keempat Brasil, FC Cascavel (PR).

Kini, sama seperti Betinho, Alan Bernardon akan merasakan atmosfer kompetisi asing untuk pertama kali dalam kariernya.

"PSS Sleman telah membuka kesempatan lebar bagi peningkatan karir saya di posisi penjaga gawang. Bermain di hadapan suporter PSS yang berdedikasi dengan energi dan antusiasme tinggi kepada tim, hal tersebut tidak hanya menjadi pengalaman saya. Tentunya itu menjadi dorongan memberikan penampilan maksimal di setiap pertandingan," kata penggemar Petr Cech ini.

"Saya percaya bahwa bahasa sepak bola bersifat universal. Demi memudahkan komunikasi dengan rekan satu tim dan staf pelatih, saya bertekad untuk mempelajari dasar-dasar Bahasa Indonesia. Seiring berjalannya waktu dan latihan, saya akan mengatasi kendala bahasa tersebut," lanjutnya.

Alan Bernardon hampir dipastikan bakal menjadi kiper utama PSS Sleman di bawah asuhan pelatih anyar, Wagner Lopes. 

Memang, masih ada penjaga gawang Filipina, Anthony Pinthus, tapi masa depannya belum jelas. Dia mungkin menjadi pelapis atau bahkan dilepas.

Sementara, PSS Sleman sejauh ini sudah mendatangkan lima rekrutan anyar. Tiga sebelumnya adalah pemain lokal, yakni Gilang Oktavana, Paulo Sitanggang, dan eks kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat