sveosportu.com

Rapor Pemain Indonesia: Jordi Amat dan Nurhidayat Bersinar

Rapor pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri, lebih tepatnya di kompetisi negara Asia. (Hendy AS/Skor.id)

- Para pemain Indonesia terus melanjutkan kiprah mereka di kompetisi negara-negara Asia.

Meski begitu, ada para pemain yang kembali tidak mendapatkan menit bermain bahkan tidak masuk dalam line-up. Di antaranya Justin Hubner (Cerezo Osaka) dan Pratama Arhan (Suwon FC).

Tapi ada juga yang kembali dipercaya untuk bermain sebagai pemain utama seperti Jordi Amat (Johor Darul Takzim) dan Nurhidayat Haji Haris (United City FC).

Berikut menghadirkan rapor para pemain Indonesia di kompetisi Asia sepanjang pekan lalu:

Malaysia

Jordi Amat kembali dipercaya sebagai bek tengah utama sekaligus kapten tim saat Johor Darul Takzim (JDT) menuai kemenangan atas Pahang FC dalam lanjutan Malaysia Super League 2024-2025 di Stadion Sultan Ibrahim, Johor, Sabtu (22/06/2024).

Dalam laga tersebut, JDT menang dengan skor telak 3-0. Tiga gol kemenangan JDT diborong oleh penyerang asing mereka, Heberty Fernandes pada menit keempat, 66’, dan 87’.

Kemenangan ini membuat JDT semakin kukuh di puncak klasemen sementara dengan 12 poin dari empat laga yang telah dijalani.

Mereka unggul lima poin dari Terengganu FC dan Sabah FC yang berada di peringkat kedua dan ketiga. Namun Terengganu dan Sabah baru memainkan tiga pertandingan.

Artinya, ini membuat JDT berhasil menyapu bersih empat laga awal musim ini dengan kemenangan. Hal tersebut juga menjadi sinyal positif bagi mereka untuk mempertahankan gelar yang mereka raih pada musim lalu.

Sementara itu, Saddil Ramdani tidak memiliki jadwal pertandingan bersama klubnya Sabah FC pada pekan lalu.

Thailand

Liga Thailand saat ini sedang memasuki libur kompetisi. Sehingga tidak ada pertandingan yang melibatkan dua pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam (Port FC) dan Rudolof Yanto Basna (PT Prachuap FC).

Kedua pemain tersebut kini menikmati liburan pascamusim, dengan Asnawi Mangkualam sempat membela Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, awal bulan ini.

Filipina

Nurhidayat Haji Haris kembali menjadi pilihan utama di lini belakang klub Filipina, United City FC, saat menjamu Mendiola 1991 dalam lanjutan Philippines Football League 2024 di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (22/6/2024).

Pada laga tersebut, Nurhidayat dan kawan-kawan menang telak 3-0.

Tiga gol United City FC diborong gelandang asal Argentina, Ricardo Sendra, pada menit ke-31, 81’, dan (90’, penalti).

Dengan demikian, tim asuhan Marian Mihail itu kembali ke jalur kemenangan usai tertahan imbang oleh Davao Aguilas di pekan sebelumnya.

Tambahan tiga poin mengangkat United City FC ke peringkat kelima klasemen sementara Philippines Football League 2024 dengan 23 poin dari 11 pertandingan. 

Korea Selatan

Pratama Arhan kembali belum mendapatkan kepercayaan untuk bermain bahkan masuk dalam line-up Suwon FC saat dijamu FC Seoul dalam lanjutan K League 1 2024 di Stadion Piala Dunia Seoul, Sabtu (22/6/2024).

Pada laga itu, Suwon FC kalah tiga gol tanpa balas. Hasil ini membuat Suwon FC kini menempati posisi kelima dengan 27 poin dari 18 laga.

Sementara itu, Pratama Arhan tercatat cuma sekali main buat tim asuhan Kim Eun-jung sejak bergabung pada Februari lalu.

Mirisnya, pada laga debutnya itu, Arhan cuma bertahan empat menit di lapangan sebelum menerima kartu merah.

Itu terjadi saat Suwon FC menyambangi Jeju United di pekan ke-14 K League 1 2024, akhir Mei lalu.

Jepang

Justin Hubner juga mengalami hal yang sama seperti Pratama Arhan. Ya, bek berusia 20 tahun itu kembali tidak masuk daftar susunan pemain saat Cerezo Osaka bertandang ke markas Jubilo Iwata dalam lanjutan J1 League 2024 di Stadion Yamaha, Sabtu (22/06/2024) petang WIB.

Dalam laga ini, Cerezo Osaka bermain imbang 1-1. Cerezo Osaka sempat tertinggal lebih dahulu pada menit ke-53, setelah Ko Matsubara mencetak gol untuk Jubilo Iwata.

Namun, Cerezo Osaka berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-76, melalui gol Leonardo de Sousa Pereira.

Hasil ini membuat Cerezo Osaka berada di posisi ketujuh dengan 29 poin dari 19 laga yang telah dijalani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat