sveosportu.com

Seleksi Timnas U-16 Indonesia: Tes Fisik dan Laga Internal

Nova Arianto sebagai pelatih Timnas U-16 Indonesia. (Yusuf/Skor.id)

- Seleksi Timnas U-16 Indonesia gelombang pertama sudah dimulai dan dipimpin langsung oleh pelatih Nova Arianto.

Sebanyak 32 pemain terpilih menjalani latihan di Lapangan B Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Senin (19/2/2024) pagi.

"Hari ini di seleksi perdana tim. kami lebih fokuskan di tes fisik. Bagaimana saya dan tim pelatih ingin melihat lebih dahulu kondisi fisik dan kebugaran para pemain," ujar Nova Arianto.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para pelatih pemain-pemain yang sudah menyediakan anak asuhnya di seleksi ini," ia menambahkan.

Lebih lanjut pelatih yang sempat menjadi asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia (senior) itu menjelaskan agenda awal akan berjalan dua kali dalam sehari; pagi-sore.

"Jadi tim ini ada dua kali kegiatan latihan. Pagi hari sekitar pukul 08.00-10.00 dan di sore hari pukul 16.00-18.00 WIB," kata Nova Arianto.

"Sore nanti akan ada internal game, di mana kami ingin melihat kemampuan para pemain lebih dalam," ia mengungkapkan.

Rencananya, gelombang pertama seleksi pemain untuk Timnas U-16 Indonesia ini akan berakhir pada 21 Februari 2024.

Nova Arianto (botak) memimpin latihan sekaligus seleksi Timnas U-16 Indonesia di Lapangan B, Kompleks GBK, Jakarta, 19 Februari 2024. (Dok. PSSI)
Nova Arianto (botak) memimpin latihan sekaligus seleksi Timnas U-16 Indonesia di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, 19 Februari 2024. (Dok. PSSI)

Semua pemain di gelombang ini akan dipulangkan lebih dahulu guna memberi kesempatan pemain lain merasakan seleksi pada gelombang kedua.

Sekedar informasi, latihan sekaligus seleksi ini dimaksudkan sebagai persiapan Garuda Muda menuju Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Piala AFF U-16 2024 bakal dihelat di Indonesia, namun jadwal maupun lokasi pastinya belum diumumkan. Kemungkinan pada pertengahan tahun ini.

Indonesia bertindak sebagai tuan rumah untuk kali kedua beruntun, atau yang ketujuh secara keseluruhan.

Pada edisi terakhir, Piala AFF U-16 2022, Timnas U-16 Indonesia yang diasuh Bima Sakti berhasil keluar sebagai juara usai menekuk Vietnam 1-0 di final.

Sedangkan Piala Asia U-17 2025 akan berlangsung di Bahrain. Tapi, informasi terkait turnamen tersebut masih minim.

Satu hal yang pasti, Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 tentu akan dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya. Jadi, Garuda Muda harus mempersiapkan diri dari sekarang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat