sveosportu.com

Swiss vs Italia: Yann Sommer Ancaman Serius Gli Azzurri

Kiper Timnas Swiss, Yann Sommer. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Di antara pemain Timnas Swiss yang harus diwaspadai Italia, tiada lain adalah Yann Sommer.

Kiper Nati (julukan Timnas Swiss) ini peraih Scudetto bersama Inter Milan pada 2023-2024 lalu.

Banyak kiper hebat di Eropa, namun hanya sedikit yang memiliki kemampuan dalam meredam penalti.

Yann Sommer salah satu kiper yang mampu membaca arah bola tembakan penalti dengan baik.

Penjaga gawang berusia 35 tahun ini memang sudah dikenal sebagai spesialis peredam tembakan penalti.

Menurut Sky Sports, Yann Sommer kiper dengan kemampuan yang sangat baik menghadapi situasi 12 pas di depan gawangnya. Rata-rata mampu meredam 1 dari 5 penalti.

Italia memiliki trauma di laga menghadapi Swiss dengan kiper berpostur 1,83 meter ini. Gelandang Timnas Italia, Jorginho, pun memiliki kenangan pahit tentang Yann Sommer.

Dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 silam, dalam dua pertandingan menghadapi Swiss (kandang dan tandang), di dua laga itu pula Italia mendapatkan penalti.

Jorginho sang eksekutornya. Namun, dari dua momen yang berbeda itu pula, penalti Jorginho gagal menjadi gol.

Satu penalti berhasil diredam Yann Sommer dan satu penalti lainnya, bola tembakan Jorginho melambung.

Hasil minim lawan Swiss tersebut salah satu yang membuat Timnas Italia gagal tampil (tidak lolos) ke Piala Dunia 2022 lalu.

"Penalti tersebut merupakan momen yang menyakitkan dan akan saya bawa sepanjang hidup saya sebagai kenangan pahit," kata Jorginho, pada awal 2023 lalu.

"Ini seperti yang menjadi penyebab kegagalan Italia tampil di Piala Dunia. Mereka mengatakan untuk melupakan momen itu, tapi kenyataannya tidaklah mudah," kata Jorginho lagi.

Kini, Italia dan Jorginho akan kembali menghadapi "hantu" yang membayangi mereka di bawah mistar Swiss, dalam laga 16 besar Euro 2024.

Bukan hanya Italia, Yann Sommer juga pernah membuat Kylian Mbappe menangis. Itu terjadi pada Euro 2020 (2021) lalu di 16 besar laga Prancis vs Swiss yang harus ditentukan dengan adu penalti.

Dalam drama adu penalti tersebut, Kylian Mbappe merupakan penembak terakhir Timnas Prancis, dan Yann Sommer mampu meredam bola tembakan bintang Les Bleus tersebut yang membuat Swiss lolos ke perempat final, memulangkan Prancis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat