sveosportu.com

Indonesia Raih Peringkat Ketiga ASEAN U-16 Championship 2024

vietnam u-16 vs indonesia u-16

- Timnas U-16 Indonesia berhasil meraih peringkat ketiga ASEAN U-16 Championship 2024. Itu setelah, mereka menaklukkan Vietnam U-16 dengan skor telak 5-0, di Stadion Manahan, Solo, Rabu (03/07/2024) petang WIB.

Lima gol kemenangan Timnas U-16 Indonesia dicetak oleh Zahaby Gholy pada menit ke-45 dan 78’, Dafa Zaidan (45+4’), dan Daniel Alfrido (78’, 82’).

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama, kedua tim sama-sama menampilkan permainan menyerang. Baik Indonesia U-16 maupun Vietnam U-16 saling bergantian memberikan tekanan ke lini pertahanan lawan.

Beberapa peluang pun berhasil diciptakan. Namun kerap gagal untuk berbuah gol.

Hingga akhirnya, Timnas U-16 Indonesia berhasil memecahkan kebuntuan pada menit ke-45. Adalah aksi Zahaby Gholy yang memaksimalkan umpan terobosan di area pertahanan Vietnam U-16 berhasil mengkonversinya menjadi gol.

Unggul satu gol, skuad asuhan Nova Arianto tidak mengendurkan serangan mereka. Tekanan demi tekanan masih diberikan ke area pertahanan Vietnam U-16.

Mereka akhirnya menambah keunggulan pada menit ke-45+4. Kali ini giliran sepakan mendatar keras sedikit di luar kotak penalti yang dilepaskan Dafa Zaidan yang menjadi gol. Skor 2-0, menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Vietnam U-16 yang tertinggal dua gol mencoba berinisiatif menekan lebih dahulu.

Tapi upaya skuad asuhan Tran Minh Chien itu bisa diredam dengan baik oleh I Putu Panji Apriawan dan kawan-kawan.

Para pemain Indonesia U-16 juga beberapa kali tetap memberikan tekanan ke area pertahanan Vietnam U-16.

Meski Vietnam U-16 juga terus menerus memberikan menekan pertahanan Indonesia U-16 dan berhasil menciptakan peluang. 

Namun justru Indonesia U-16 yang kembali bisa mencetak gol melalui Daniel Alfrido dengan memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Vietnam. Skor pun berubah menjadi 3-0 pada menit ke-75.

Tak sampai di situ, tiga menit berselang, Gholy kembali bisa menceploskan bola ke gawang Vietnam U-16 dan mengubah kembali skor menjadi 4-0.

Makin tertinggal, para pemain Vietnam U-16 tidak berhenti menyerang. Namun para pemain Indonesia U-16 juga dengan tenang bisa mengantisipasi upaya tersebut.

Bahkan, lewat serangan balik cepat, Indonesia U-16 kembali bisa mencetak gol lewat Daniel Alfrido pada menit ke-82, dan membuat skor menjadi 5-0.

Di sisa waktu yang ada, Vietnam masih belum menyerah. Beberapa kali ancaman mereka hasilkan, tapi penampilan Dafa Al Gasemi Setiawarman di bawah mistar gawang begitu gemilang.

Hingga babak kedua berakhir, skor tetap 5-0 untuk kemenangan Timnas U-16 Indonesia.

Susunan Pemain Utama Kedua Tim

Vietnam U-16: 1-Hoa Xuan Tin; 2-Nguyen Manh Cuong, 4-Nguyen Hong Quang, 5-Le Tan Dung, 17-Pham Duy Long; 6-Nguyen Thai Hoa, 14-Chu Ngoc Nguyen Luc, 21-Bui Duy Dang; 12-Nguyen Thai Hieu, 19-Tran Thanh Binh

Pelatih: Tran Minh Chien

Indonesia U-16: 23-Dafa Al Gasemi Setiawarman; 2-Dafa Zaidan El Fikri, 3-Ida Bagus Putu Cahya Pramana, 4-I Putu Panji Apriawan; 13-Andi Faith Jamaludin Rachman, 11-Lucas Raphael Lee, 18-Tristan Raissa Ibrahim; 7-Muhamad Zahaby Gholy, 21-Fandi Ahmad Muzaki, 20-Josh Holong Junior

Pelatih: Nova Arianto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat