sveosportu.com

10 Fakta Menarik tentang Balap Sepeda Tour de France

Tour de France, salah satu balap sepeda major. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Tour de France 2024 mulai berlangsung akhir pekan ini hingga 21 Juli. Ajang balap sepeda paling prestisius di dunia tersebut dibuka dengan start pertama dari Florence, Italia.

Le Tour menuntut ketangguhan dan determinasi tinggi dari setiap pembalap yang ambil bagian karena mereka harus mengayuh sepeda ribuan kilometer seantero Prancis. 

Tahun ini, total jarak tempuhnya 3.498 km, terbagi ke dalam 21 etape. Rute Tour de France tidak pernah mudah dengan ragam tipe medan, dari jalur pesisir yang datar sampai jalan menanjak di pegunungan.

Pesepeda top seperti juara bertahan Le Tour Jonas Vingegaard (Visma-Lease a Bike), Tadej Pogacar (UAE Team Emirates), Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step), dan Primoz Roglic (Red Bull Bora-Hansgrohe) ada dalam daftar favorit tahun ini. 

Sebelum mengikuti Tour de France 2024 lebih jauh, berikut ini adalah sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui tentang satu dari tiga balap sepeda mayor (Grand Tour):

1) Tour de France sudah diselenggarakan sejak awal abad ke-20, tepatnya pada 1903 atau 121 tahun silam. Tahun ini adalah edisi Le Tour ke-111.

2) Awalnya, Tour de France diselenggarakan sebagai upaya promosi yang diinisiasi pesepeda sekaligus jurnalis Henri Desgrange untuk mendongkrak penjualan surat kabar L’Auto, di mana ia menjabat sebagai editor.  

3) Tercatat mulai 1954, Le Tour tidak dimulai di wilayah Prancis, melainkan negara lain. Istilahnya Grand Depart. Untuk edisi 2024, balapan start dari Florence, Italia. Ini upaya meningkatkan jumlah penonton internasional. 

4) Sejak 1975, Tour de France selalu finis di Champs-Elysees, Paris. Namun, karena ibu kota Prancis jadi tuan rumah Olimpiade 2024, tahun ini balapan bakal berakhir di Place Massena, Nice, untuk kali pertama di luar Paris.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat