sveosportu.com

Erick Thohir: Training Center PSSI Dipuji FIFA

erick thohir kongres

- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, kembali melakukan tinjauan pembangunan fasilitas pusat pelatihan (training center) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (29/6/2024).

Erick Thohir mengungkapkan perkembangan pembangunan pusat pelatihan PSSI berjalan sesuai rencana.

"Alhamdulillah, pembangunan fase pertama training center di atas lahan IKN seluas 34,5 hektare ini berjalan sesuai rencana dan bahkan mendapat pujian dari FIFA," ujar Erick Thohir melalui akun instagram pribadinya @erickthohir, Minggu (30/6/2024).

Menteri BUMN itu juga menjelaskan bahwa fasilitas pusat pelatihan sepak bola yang telah dibangun ada dua lapangan yakni lapangan rumput alami dan sintetis.

"Lapangan rumput sintetis dan alami sudah hampir rampung.  Selain itu, ada asrama berkapasitas total 138 orang dengan perincian 56 kamar ganda untuk pemain, 20 kamar tunggal untuk tim pelatih, dan enam suite untuk pelatih kepala," jelasnya.

Diketahui, asrama yang dibangun untuk para pemain dan pelatih ini sudah dilengkapi dengan fasilitas fisioterapi,  fitnes, medical treatment, dan lain-lain. 

Selain itu, pembangunan pusat pelatihan ini juga sebagai bentuk aksi dari PSSI yang terus berupaya memajukan sepak bola Indonesia.

Ketum PSSI, Erick Thohir, Presiden RI, Joko Widodo, dan Menpora, Dito Ariotedjo. (Mario Sonatha untuk )
Ketum PSSI, Erick Thohir (tengah), duduk bersama Presiden RI, Joko Widodo (kanan), dan Menpora, Dito Ariotedjo (kiri) di laga Timnas Indonesia vs Irak. (Mario Sonatha untuk )

"Kami terus dorong Tim Nasional dan bakat-bakat muda kita untuk berkembang dan berprestasi," ucap Erick Thohir.

Timnas Indonesia saat ini bisa dibilang mengalami kemajuan yang cukup pesat. Itu terlihat dari berbagai prestasi yang ditorehkan sejak era kepemimpinan Erick Thohir di PSSI pada Februari 2023.

Salah satunya, Timnas Indonesia berhasil naik hingga ke posisi 134 di ranking FIFA. Selain itu, skuad asuhan Shin Tae-yong saat ini juga berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus Piala Asia 2027.

Selain itu, di kompetisi secara perlahan juga mulai dibenahi. Bahkan, mulai Liga 1 musim depan juga akan diterapkan secara penuh video assistant referee (VAR).

Meski begitu, Erick Thohir menegaskan bahwa kemajuan yang terjadi di Timnas Indonesia maupun kompetisi bukan hasil kerjanya sendiri. Tapi juga ada peran dari berbagai pihak termasuk Pemerintah.

PSSI memperkuat komitmen untuk terus bekerja sama dengan pemerintah dalam mengembangkan prestasi olahraga, khususnya sepak bola di Indonesia. Kami percaya bahwa kolaborasi antara PSSI dan pemerintah dapat menciptakan kondisi yang mendukung untuk membangun Timnas dengan kualitas yang berbeda," kata Erick Thohir.

PSSI juga mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan oleh pemerintah dan berbagai pihak terkait, yang telah turut serta mendukung perjalanan Timnas Indonesia menuju kesuksesan. 

Kolaborasi yang solid antara semua pihak merupakan salah satu kunci utama dalam mencapai prestasi di kancah sepak bola internasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat