sveosportu.com

Euro 2024: Dansa Terakhir Olivier Giroud di Piala Eropa

Penyerang Timnas Prancis, Olivier Giroud. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

- Euro 2024 sepertinya akan jadi dansa terakhir penyerang Timnas Prancis, Olivier Giroud, di Piala Eropa.

Kini berusia 37 tahun, Olivier Giroud akan hijrah ke Los Angeles FC di Amerika Serikat musim panas ini, menjadikan gelaran Euro 2024 mungkin akan jadi penampilan terakhirnya di tanah Eropa.

Meski sudah berusia senja sebagai pesepak bola, nyatanya Giroud masih jadi andalan di lini depan tim asuhan Didier Deschamps.

Dari 14 pemain Timnas Prancis yang tampil di final Piala Dunia 2018 dan jadi juara, kini hanya lima pemain yang akan tampil di Piala Eropa 2024, yaitu Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, N'Golo Kante, Benjamin Parvard, dan tentu saja Olivier Giroud.

Usai gelar juara dunia itu, Giroud mencetak berbagai rekor, termasuk jadi top skor sepanjang masa Tim Ayam Jantan, menyalip Thierry Henry.

Giroud kini punya catatan 57 gol dalam 133 laga, unggul dari Henry (51 gol), Mbappe (46), Griezmann (44), dan Michel Platini (41).

Henry memegang rekor ini selama 15 tahun, Giroud mungkin tak akan selama itu dengan Mbappe hanya berjarak 11 gol dari dirinya dan masih berusia 25 tahun.

Sebagai perbandingan, Giroud baru mencetak satu gol untuk Timnas Prancis di usia 25 tahun.

Memang ada perbedaan, Mbappe sudah jadi wonderkid dan andalan timnya sejak belia, sedangkan Giroud baru tampil di liga kasta teratas pada usia 24 tahun.

Tak hanya itu, ia juga banyak mendapat kritikan di Prancis, termasuk karena sama sekali tak mencetak gol kala Prancis jadi juara dunia tahun 2018.

Meski begitu, ia tetap jadi andalan Deschamps di lini depan, termasuk mencetak empat gol di Piala Dunia 2022 lalu.

Kepercayaan ini bukan tanpa alasan. Sejak Deschamps jadi nakhoda, ia lebih sering menang saat memainkan Giroud (72 persen, 63 menang dari 88 laga), dibanding saat tanpa Giroud (56 persen, 41 menang dari 73 laga).

Giroud memang tua-tua keladi. Ia adalah pencetak gol tertua Les Blues, mencetak gol dalam usia 37 tahun 178 hari melawan Cile tahun ini, unggul atas pemegang rekor sebelumnya, Roger Marche, yang cetak gol lawan Spanyol tahun 1959 berusia 35 tahun 287 hari.

Giroud juga mencatat rekor sebagai pemain tertua untuk Timnas Prancis saat lawan Luksemburg 5 Juni lalu, berusia 37 tahun 249 hari, rekor yang bisa ia pecahkan lagi di Euro 2024 nanti.

Piala Eropa 2024 akan jadi Euro keempat Giroud dan turnamen Internasional ketujuh yang ia jalani, menyamai rekor pemain Prancis lainnya, Lilian Thuram, Thierry Henry, Steve Mandanda, dan Hugo Lloris.

Kini, apakah kalian sudah siap melihat dansa terakhir Olivier Giroud di Eropa?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat