sveosportu.com

Jerman Menang 2-0 atas Denmark, Lolos ke Perempat Final

Jerman vs Denmark di 16 besar Euro 2024. (Hendy Andika/Skor.id).

- Timnas Jerman berhasil melangkah ke perempat final Euro 2024 setelah menang 2-0 atas Denmark di fase 16 besar, Minggu (30/6/2024) dini hari WIB.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Signal Iduna Park ini, dua gol Der Panzer diciptakan oleh Kai Havertz pada menit ke-53 melalui tembakan penalti.

Sedangkan gol kedua Jerman di laga 16 besar Euro 2024 ini diciptakan pemain muda mereka, Jamal Musiala pada menit ke-68.

Jerman asuhan Julian Nagelsmann mampu menguasai tekanan dalam laga ini setelah mereka sempat dikejutkan oleh gol Denmark yang diciptakan Joachim Andersen pada menit ke-48. Namun, gol tersebut kemudian dianulir oleh wasit.

Timnas Jerman kemudian unggul pada menit ke-53 melalui gol penalti yang diciptakan Kai Havertz.

Wasit pemimpin pertandingan memberikan penalti tersebut setelah bek Timnas Denmark, Joachim Andersen, dinilai melakukan pelanggaran dengan menyentuh bola dengan tangannya.

Ini menjadi hari yang buruk bagi Joachim Andersen. Setelah gol yang diciptakannya dianulir pada menit ke-50, hanya dua menit kemudian (menit ke-52), dia justru menjadi penyebab hadiah penalti yang diberikan untuk Jerman yang kemudian menjadi gol.

Der Panzer memiliki peluang menambah gol hanya lima menit setelah gol penalti Kai Havertz. Kali itu, Kai Havertz yang mendapatkan kesempatan setelah dirinya berhasil menggiring bola memasuki jantung pertahanan Timnas Denmark.

Meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Denmark, namun bola tembakan gelandang Arsenal ini melenceng dari gawang.

Namun demikian, Jerman tidak terbendung. Menit ke-68, Jamal Musiala seperti memperlihatkan bagaimana cara mencetak gol kepada Kai Havertz dari kesempatan yang sama.

Yang menarik, posisi dan situasinya memang sama dengan yang dihadapi Kai Havertz. Namun, Jamal Musiala mampu memanfaatkan situasi satu lawan satu dengan Kasper Schmeichel menjadi gol.

Gol tersebut tercipta setelah mendapatkan umpan jauh langsung dari lini belakang oleh bek Timnas Jerman, Nico Schlotterbeck.

Nico Schlotterbeck jeli melihat situasi saat itu. Umpannya membuat Jamal Musiala berhasil melewati dua pemain Denmark yang kemudian membuatnya berada dalam ruang kosong hingga menghadapi kiper Denmark, Kasper Schmeichel.

Dua gol Timnas Jerman ini menjadi gol yang terjadi di laga 16 besar ini. Denmark tidak dapat mencetak gol dalam pertandingan ini dan hanya mampu melepaskan dua tembakan mengarah ke gawang.

Sedangkan Timnas Jerman berhasil melepaskan 13 tembakan dengan 9 tembakan di antaranya mengarah ke gawang.

Fakta Menarik

  • Jerman kini lolos ke perempat final untuk keempat kalinya dari lima Piala Eropa terakhir.
  • Jamal Musiala telah mencetak tiga gol dari empat laga Euro 2024, melebihi gol yang diciptakannya dalam 29 laga sebelumnya dengan Timnas Jerman.
  • Jamal Musiala menjadi pemain termuda kedua yang mampu mencetak tiga gol di putaran final Piala Eropa (21 tahun,124 hari) setelah penyerang timnas Inggris, Wayne Rooney dalam usia 18 tahun, 241 hari.
  • Kai Havertz tampil dalam laga ke-50 bersama Timnas Jerman dan menandainya dengan gol ke-18 bersama Tim Panser.

Hasil Pertandingan dan Susunan Pemain

Jerman 2-0 Denmark

Gol: 1-0 (Kai Havertz, 54 pen), 2-0 (Jamal Musiala, 68)

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Nico Schlotterbeck, David Raum/Benjamin Henrichs (81); Robert Andrich/Emre Can (64), Toni Kroos; Leroy Sane/Waldemar Anton (88), Ilkay Gundogan/Niclas Fullkrug (64), Jamal Musiala/Florian Wirtz (81); Kai Havertz

Pelatih: Julian Nagelsmann

Denmark (3-4-1-2): Kasper Schmeichel; Joachim Andersen, Jannik Vestergaard, Andreas Christensen/Jacob Larsen (81); Alexander Bah/Victor Kristiansen (81), Thomas Delaney/Christian Norgaard (69), Pierre-Emile Hojbjerg, Joakim Maehle; Christian Eriksen, Andreas Olsen/Yussuf Poulsen (69); Rasmus Hojlund/Jonas Wind (81)

Pelatih: Kasper Hjulmand

Kartu kuning: Joakim Maehle, Joachim Andersen, Julian Nagelsmann, Kasper Hjulmand

Kartu merah: -

Wasit: Michael Oliver (Inggris)

Stadion: Signal Iduna Park

Penonton: 61.612
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat