sveosportu.com

Mentalitas Pemain Timnas U-16 Indonesia Belum Stabil

Timnas U-16 Indonesia.

- Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto membeberkan progres timnya menjelang tampil di ASEAN Championship U-16 2024

Kejuaraan yang dulu bernama Piala AFF U-16 itu akan digelar di Solo, yakni di Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari, 21 Juni sampai 4 Juli 2024.

Untuk ajang tersebut, Timnas U-16 Indonesia saat ini terus menjalani pemusatan latihan atau training center (TC), yang sudah berlokasi di Solo.

Skuad Garuda Muda telah melakoni dua pertandingan uji coba, yakni menghadapi SKO Surakarta dan SKO Cibubur pada 9 dan 12 Juni 2024.

Hasilnya, Timnas U-16 Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas SKO Surakarta dan bermain imbang dengan skor 1-1 melawan SKO Cibubur.

Nova Arianto menjelaskan bahwa kesiapan timnya belum mencapai 100 persen jelang ambil bagian di ASEAN Championship U-16 2024.

Namun lelaki yang juga menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong itu menegaskan akan terus mengasah kekuatan timnya di waktu yang tersisa.

Nova Arianto memimpin latihan sekaligus seleksi Timnas U-16 Indonesia di Lapangan B, Kompleks GBK, Jakarta, 19 Februari 2024.
Nova Arianto memimpin latihan sekaligus seleksi Timnas U-16 Indonesia di Lapangan B, Kompleks GBK, Jakarta, 19 Februari 2024. (Dok. PSSI)

“Ya, kami fokus lagi dan terus menjalani pemusatan latihan, progres dari tim U-16 ini sudah cukup baik. Saat ini tim berada di 75 persen persiapan sebelum maju ke ASEAN Championship U-16 tanggal 21 Juni,” kata Nova Arianto

“Di sisa waktu ini kami akan perbaiki kekurangannya, sehingga nanti di saat pertandingan, pemain bisa memberikan yang terbaik,” ia menambahkan.

Lebih lanjut Nova Arianto juga membeberkan terkait evaluasi Timnas U-16 Indonesia yang sudah menjalani tujuh laga uji coba. Mentalitas jadi sorotan utama.

“Evaluasi dari beberapa kali uji coba, sekitar tujuh kali uji coba yang sudah kami lakukan adalah pemain memang belum stabil," ucapnya dari situs resmi PSSI.

"Maksudnya di salah satu pertandingan mereka bisa bermain baik, dan di pertandingan lain kurang baik. Itu yang menjadi catatan kami tim pelatih. Dari tim psikologi juga, secara mental."

"Pemain belum bisa mengatur mentalnya. Sehingga itu juga yang harus kita perbaiki. Lalu formasi apa yang nanti akan kita pakai dan mantapkan,” Nova Arianto memungkasi.

Sebagai informasi, Timnas U-16 Indonesia tergabung di Grup A ASEAN Championship U-16 2024 bersama Laos, Filipina, dan Singapura. Nama terakhir jadi lawan pertama di 21 Juni mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat