sveosportu.com

Amerika Serikat vs Uruguay: Marcelo Bielsa Absen

Pelatih Uruguay, Marcelo Bielsa, absen menghadapi Amerika Serikat di Copa America 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

- Pelatih Uruguay, Marcelo Bielsa, tak akan bisa mendampingi anak asuhnya pada laga melawan Amerika Serikat, pada pertandingan penentuan Grup C Copa America 2024.

Pertandingan Amerika Serikat vs Uruguay di Grup C Copa America 2024 akan dilangsungkan di Stadion Arrowhead, Kansas, Selasa (2/7/2024) pukul 08.00 WIB.

Marcelo Bielsa mendapatkan hukuman dari badan sepak bola Amerika Selatan, setelah terlambat datang pada babak kedua, di dua laga awal Copa America 2024.

Akibatnya, pelatih asal Argentina itu absen mendampingi Uruguay pada pertandingan terakhir di Grup C Copa America 2024 melawan Amerika Serikat.

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL), menyebut bahwa Marcelo Bielsa melanggar aturan turnamen, dan akan mendenda Asosiasi Sepak Bola Uruguay sebesar 15 ribu dolar Amerika Serikat (sekitar Rp245,143 juta rupiah).

Aturan dalam Copa America 2024 menyebutkan bahwa pemain harus berada di lapangan pada waktu tertentu setelah jeda, dan akan diberi peringatan setelah melakukan pelanggaran pertama. Sementara itu sanksi akan diberikan setelah pelanggaran kedua dilakukan.

Uruguay datang terlambat pada pertandingan babak kedua ketika timnya menghadapi Panama dan Bolivia.

Laga Grup C Copa America 2024, Amerika Serikat vs Uruguay. (Rahmat Ari Hidayat/).
Laga Grup C Copa America 2024, Amerika Serikat vs Uruguay. (Rahmat Ari Hidayat/).

Tim asuhan Marcelo Bielsa itu terlambat 90 detik ketika kembali ke lapangan untuk menghadapi laga babak kedua melawan Bolivia.

Hukuman yang diterima Bielsa ini juga diberikan CONMEBOL kepada tiga pelatih berkebangsaan Argentina lainnya.

Ketiga pelatih tersebut adalah Lionel Scaloni (pelatih Timnas Argentina), Ricardo Gareca (Cile), dan Fernando Batista (Venezuela), dengan alasan yang sama seperti yang diterima oleh Bielsa.

Peraturan seperti ini mendapat kritikan dari pelatih Peru, Jorge Fossati, yang menilai hal tersebut tidak tepat, apalagi jarak yang ditempuh di lorog ruang ganti terkadang jauh.

"Saya pikir mereka perlu melakukan sedikit penyesuaian untuk melihat apakah mereka bisa mendapatkan waktu yang tepat," ujar Jorge Fossati.

"Di akhir babak pertama, ini bukan saat yang tepat untuk mengatur stopwatch, hal itu perlu dilakukan saat Anda sampai di ruang ganti. Di beberapa stadion, ruang ganti berjarak satu kilometer jauhnya, mereka perlu melihatnya," ujarnya menambahkan.

Uruguay melalui Copa America 2024 dengan mulus, mereka berhasil meraih dua kemenangan ketika menekuk Panama 3-1, dan membantai Bolivia 5-0.

Sementara itu, Amerika Serikat berhasil menang 2-0 atas Bolivia pada laga pembuka, tetapi pada laga kedua mereka ditaklukkan Panama 1-2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat