sveosportu.com

Euro 2024: Fakta Menarik Inggris vs Slovenia

Laga Inggris vs Slovenia di fase grup Euro 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id).

- Inggris akan menghadapi Slovenia di laga terakhir fase grup Euro 2024 Grup C. Laga Inggris vs Slovenia akan digelar pada malam ini atau Rabu (26/6/2024) pukul 02.00 WIB.

Laga menghadapi Slovenia menjadi peluang Inggris untuk mempertahankan posisi mereka sebagai peringkat pertama Grup C. Saat ini, tim asuhan Gareth Southgate memiliki 4 poin setelah meraih kemenangan dan imbang di dua laga terakhir.

Kalah, Inggris bisa terlempar sebagai tim yang lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Status tersebut tentu bukanlah target yang dihararapkan dari Three Lions oleh para fans.

Karena itu, laga menghadapi Slovenia menjadi peluang Harry Kane dan kawan-kawan untuk memetik kemenangan dan lolos sebagai juara grup.

Jelang Inggris vs Slovenia malam ini, merangkum sejumlah fakta menarik dari duel keduanya. Berikut ini sejumlah fakta menarik tersebut:

1. Laga malam ini akan menjadi pertemuan kedua antara Inggris dan Slovenia di turnamen besar internasional (laga kompetitif). Pada pertemuan sebelumnya terjadi di Piala Dunia 2010 di mana Inggris menang 1-0 di babak grup.

2. Dalam sejarahnya, Slovenia belum pernah memenangkan satu pun dari enam pertandingan mereka melawan Inggris di semua kompetisi. Dari enam laga itu, mereka hanya sekali imbang dan mengalami lima kekalahan.

3. Inggris berpeluang melewati fase grup Piala Eropa dengan rapor tidak terkalahkan, yang keempat berturut-turut. Sebelumnya, mereka juga mencatat rapor tersebut pada Euro 2012, 2016, dan 2020 (2021).

4. Inggris telah memenangkan pertandingan grup terakhir mereka dalam tiga dari empat kejuaraan Piala Eropa terakhir dengan sekali imbang, sejak takluk 2-3 dari Rumania di Euro 2000, di bawah asuhan Kevin Keegan.

5. Slovenia belum pernah mengalahkan negara Eropa di kompetisi besar internasional, bahkan kalah di kedua pertandingan Piala Dunia 2010 melawan Spanyol dan Inggris.

6. Inggris telah memenangkan 34 dari 37 pertandingan terakhir di mana mereka mencetak gol pertama (3 kali imbang), meskipun dua dari tiga kegagalan mereka terjadi dalam dua turnamen Piala Eropa terakhir: di final 2020 melawan Italia (1-1) dan di Piala Eropa putaran kedua tahun ini, melawan Denmark (1-1).

7. Slovenia tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhirnya di semua kompetisi 4 kemenangan dan 4 imbang. Mereka hanya sekali mencatatkan rekor tak terkalahkan lebih lama (sembilan pertandingan antara September 2020 dan Maret 2021).

8. Inggris rata-rata mampu menciptakan 8,9 tembakan per pertandingan di Piala Eropa di bawah asuhan Gareth Southgate (80 dalam 9 pertandingan). Ini merupakan rata-rata tembakan per pertandingan terendah yang pernah dicatat oleh suatu negara di bawah satu pelatih dalam lebih dari lima pertandingan Piala Eropa (sejak 1980).

9. Petar Stojanovic merebut bola 11 kali untuk Slovenia dalam pertandingan putaran kedua melawan Serbia. Dalam pertandingan turnamen internasional, satu-satunya pemain Slovenia yang mampu merebut bola lebih banyak adalah Ales Ceh di Euro 2000 melawan Spanyol (14).

10. Harry Kane telah mencetak lima gol dalam enam penampilan terakhirnya di ajang Piala Eropa. Hanya Wayne Rooney (enam) dan Alan Shearer (tujuh) yang mencetak lebih banyak gol untuk Inggris. Namun di Euro 2024, Harry Kane hanya melakukan dua sentuhan di area penalti lawan, sama seperti yang dilakukan Kyle Walker dan Trent Alexander-Arnold.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat