sveosportu.com

Nova Arianto Akan Kembali Rotasi Pemain Saat Hadapi Vietnam

Nova Arianto sebagai pelatih Timnas U-16 Indonesia. (Yusuf/Skor.id)

- Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, mengisyaratkan bakal kembali merotasi skuadnya jelang duel perebutan tempat ketiga ASEAN U-16 Championship 2024 kontra Vietnam U-16.

Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (3/7/2024) sore pukul 15.00 WIB.

Timnas U-16 Indonesia tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri karena baru saja tampil lawan Australia U-16 di semifinal, Senin kemarin.

Hanya punya satu hari, Nova Arianto memfokuskan sesi latihan buat recovery agar pasukannya bisa fresh saat turun menghadapi Vietnam U-16.

Namun, juru taktik 44 tahun itu tak menggaransi bahwa skuad yang tampil nanti akan sama seperti saat dikalahkan Australia U-16, 3-5.

"Tujuan kami di Piala AFF U-16 (ASEAN U-16 Championship) itu adalah untuk mencoba semua pemain," kata Nova Arianto.

"Dan mungkin kami akan sekali lagi mencoba merotasi semua pemain karena saya benar-benar ingin mencari pemain-pemain terbaik, siapa saja yang bisa kami bawa ke Kualifikasi AFC (Piala Asia U-17 2025)," tambahnya.

Jadi, ada peluang kita akan melihat nama-nama yang jarang diturunkan pada laga sebelumnya, macam kiper Rendy Razzaqu, duo bek Azizu Milanesta dan Andi Faith, atau gelandang diaspora Lucas Lee. 

Satu hal yang pasti, Raihan Apriansyah takkan ada dalam skuad Garuda Muda kontra Vietnam U-16 pasca menerima kartu merah di semifinal.

Sosok penggantinya menarik ditunggu, apakah Andi Faith, Ida Bagus Cahya, atau menggeser Matthew Baker ke posisi sentral.

Kemudian, di lini depan juga mungkin Fandi Ahmad dan Josh Holong kembali main sejak menit pertama setelah tampil bagus sebagai pengganti.

"Sekali lagi, semua pemain yang tampil di AFF kami akan lakukan evaluasi. Ke depannya, siapa saja yang siap, dan posisi mana saja yang kami harus tambah, akan kami cari lagi. Supaya nanti di Kualifikasi AFC kami lebih siap," ujar Nova Arianto.

"Jadi, untuk lawan Vietnam, kami mungkin akan melakukan rotasi pemain lagi karena saya ingin lihat, semua pemain bisa tampil sesuai harapan atau tidak," dia memungkasi.

Timnas U-16 Indonesia sudah tujuh kali menghadapi Vietnam U-16 di Piala AFF U-16, dan punya rekor apik. Mereka menang lima kali dan cuma sekali kalah, itu pun pada 2013 silam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat