sveosportu.com

Profil Klub Liga 1 2023-2024: PSS Sleman

PSS Sleman

- PSS Sleman terus meramu skuad terbaiknya untuk mengarungi Liga 1 2023-2024, termasuk dengan kehadiran para pemain asing baru.

Seraya Anthony Pinthus, Thales Lira, Kei Sano, dan Jonathan Bustos, yang diharap bisa memperbaiki performa tim setelah anjlok pada Liga 1 2022-2023.

Capaian Musim Lalu

PSS finis di zona merah, peringkat ke-16 klasemen Liga 1 2022-2023. Beruntung, degradasi tak diberlakukan sehingga mereka tetap ada di kasta tertinggi.

Tim asuhan Seto Nurdiyantoro berada di tempat ketiga dari bawah setelah hanya mampu mengumpulkan 34 poin dari 34 pertandingan yang dijalaninya.

Ada 10 kemenangan yang berhasil dicatatkan, namun laga lainnya berakhir dengan empat hasil imbang dan 20 kali kalah. Dari situ, catatan golnya minus 23.

Tim berjuluk Elang Jawa itu hanya mampu menciptakankan 34 gol dan sebaliknya gawang tim merasakan 57 kali dibobol oleh lawan.

Kim Kurniawan dan Yevhen Bokhashvili menjadi pemain tersubur di tim dengan sama-sama hanya menciptakan enam gol dari 29 dan 12 laga yang dijalani.

PSS Sleman. (Dede Mauladi/)
PSS Sleman. (Dede Mauladi/)

Analisis Kekuatan Per Lini

Skuad PSS untuk Liga 1 2023-2024 diperkuat pemain asing untuk setiap lininya. Bukan hanya yang berstatus pendatang baru, yang berpengalaman pun direkrut.

Pada posisi penjaga gawang, mereka mendatangkan Antohny Pinthus yang merupakan kiper asal Filipina untuk mengisi kuota ASEAN, namun juga berdarah Swiss.

Diyakini penjaga gawang berusia 25 tahun itu bakal menempati posisi utama di bawah mistar dan dapat meminimalisir tingginya angka kebobolan.

Kokohnya pertahanan juga bisa terwujud dengan hadirnya nama-nama baru. Bek asal Brasil, Thales Lira didatangkan, plus ada Leonard Tupamahu dan Abduh Lestaluhu.

Pada lapangan tengah, Elang Jawa mempertahankan Kim Kurniawan dan menambah kekuatan dengan mendaratkan dua pemain asing; Jonathan Bustos serta Kei Sano.

Nama pertama sebelumnya sudah membuktikan tajinya bersama Borneo FC. Pada musim lalu, gelandang asal Argentina itu menciptakan lima gol dan delapan assist.

Untuk barisan serang, klub mempertahankan striker asal Ukraina, Yehven Bokhasvili yang terbukti masih garang setelah kembali didatangkan pertengahan Liga 1 2022-2023.

Ia akan ditemani pemain naturalisasi yang juga baru direkrut yakni Esteban Vizcarra, serta para penyerang muda yang ada di skuad untuk memperbaiki produktivitas gol tim.

Prediksi di Liga 1 2023-2024

PSS diyakini bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari musim lalu jika mampu mengawali Liga 1 2023-2024 dengan baik.

Periode awal musim akan sangat penting bagi tim yang kini dilatih Marian Mihail, untuk membuat mental tim dalam kondisi baik dan meningkatkan motivasi.

Untuk diketahui, musim kelam yang terjadi di Liga 1 2022-2023 pun dimulai karena awal yang kurang baik yakni sekali menang di lima laga dan ada dua seri serta dua kalah.

Marian Mihail, pelatih PSS Sleman asal Rumania. M Yusuf -
Marian Mihail, pelatih PSS Sleman asal Rumania. (M Yusuf/)

Profil PSS Sleman

Julukan: Elang Jawa
Kelahiran: 20 Mei 1976
Home Ground: Stadion Maguwoharjo
Pemilik: PT Putra Sleman Sembada
CEO: Rumadi
Manajer: Gustavo Lopez
Suporter: BCS, Slemania

Daftar Pemain PSS Sleman

Kiper: 1. Anthony Pinthus (Filipina), 12. Muhammad Ridwan, 97. Dimas Fani Firmansyah, Safa'at Romadhona

Belakang: 4. Nur Diansyah, 5. Thales Lira (Brasil), 22. Ibrahim Sanjaya, 25. Derry Rachman, 30. Kevin Gomes, 38. I Nyoman Ansanay, 72. Bayu Setiawan, 78. Ifan Nanda Pratama, 88. Leonard Tupamahu, 96. Abduh Lestaluhu

Tengah: 7. Kei Sano (Jepang), 8. Estebán Vizcarra, 23. Kim Kurniawan (kapten), 33. Wahyudi Hamisi, 35. Arlan Dinata, 36. Dominikus Dion, 46. Todd Ferre, 89. Hambali Tolib, 92. Dave Mustaine, 99. Jonathan Bustos, Rezin Diop Wamu

Depan: 9. Saddam Gaffar, 10. Yevhen Bokhashvili (Ukraina), 11. Ricky Cawor, 17. Riki Dwi Saputro, 20. Haris Tuharea, 27. Irkham Mila, 80. Hokky Caraka

Keterangan: *) Angka di depan nama adalah nomor punggung

Staf Kepelatihan PSS Sleman

Pelatih Kepala: Marian Mihail (Rumania)

Asisten Pelatih: Bertrand Crasson (Belgia), Ansyari Lubis, Washiyatul Akmal
Pelatih Kiper: Dragoș Plopeanu (Rumania), Amiruddin
Pelatih Fisik: Kartono Pramdhan
Analis Tim: Gabriel Dumitrescu (Rumania)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat