sveosportu.com

Debutan Timnas U-20 asal Aceh Bikin Indra Sjafri Terkesan

cover Timnas U-20 Indonesia. (Hendy AS/Skor.id)

- Pemusatan latihan Timnas U-20 Indonesia menjadi kesempatan bagi pelatih Indra Sjafri untuk menemukan talenta-talenta baru di penjuru tanah air.

Terkini, juru taktik Garuda Nusantara itu menemukan satu palang pintu menjanjikan dari ujung Utara Indonesia, tepatnya di Sabang, Aceh.

Dia adalah Rahmat Syawal, bek berusia 19 tahun yang memperkuat Persas Sabang di Liga 3 Aceh 2023.

Rahmat bergabung dengan training camp (TC) Timnas U-20 Indonesia sejak awal Januari dan berhasil memikat Indra Sjafri dan staf pelatih lainnya.

Puncaknya, jebolan Lambhuk Football Academy itu diberi kesempatan tampil dalam uji coba Timnas U-20 Indonesia melawan Bhayangkara FC di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/1/2024) kemarin.

Rahmat Syawal main selama 40 menit pada babak kedua, ketika Bhayangkara FC sudah diperkuat sejumlah pemain inti, termasuk Radja Nainggolan.

Dan, dia cukup impresif. Pemain berpostur 1,91 meter itu percaya diri menghadapi lawan yang lebih senior dan berpengalaman, tak takut berduel.

Selama Rahmat di lapangan, Timnas U-20 Indonesia juga tak kebobolan.

"Alhamdulillah saya berkomunikasi dengan klub Liga 1, Liga 2, Liga 3, dapat banyak pemain-pemain baru. Contoh tadi ada satu center back, tinggi 191 (sentimeter) dari Sabang, Aceh," ujar Indra Sjari soal Rahmat Syawal

"Dan saya surprise melihat dia. Saya pikir, saya akan memberikan kesempatan besar untuk dia," sang pelatih menambahkan.

Ditemui usai pertandingan, Rahmat Syawal mengaku bangga bisa bergabung latihan bersama Timnas U-20 Indonesia.

Maklum, datang jauh dari daerah, ini merupakan pencapaian yang tak pernah disangka olehnya.

"Pertama kali ini saya main di timnas. Gak nyangka saya, terkejut. Orang tua saya juga terkejut, saya dipanggil timnas," kata remaja kelahiran Desa Lambhuk tersebut.

Rahmat mengungkapkan, sambutan yang diterimanya dari rekan-rekan di skuad Garuda Nusantara sangat baik. Meskipun masih proses adaptasi, dia senang menjadi bagian tim.

Bek jangkung ini bertekad memanfaatkan kesempatan dari pelatih sebaik-baiknya, berlatih penuh semangat, dan siap bersaing menembus starter Timnas U-20 Indonesia.

"Saya ingin masuk skuad dan membanggakan Indonesia," ujar Rahmat Syawal soal target pribadinya.

Timnas U-20 Indonesia masih akan menjalani pemusatan latihan di Jakarta hingga akhir Januari atau awal Februari. Selain itu, bakal ada pula beberapa uji coba melawan klub lokal dan negara lain.

Mereka sedang disiapkan untuk menghadapi Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, serta bermimpi lolos ke Piala Dunia U-20 2025 di Cile.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat