sveosportu.com

Italia vs Albania: Gli Azzurri Amankan 3 Poin di Euro 2024

Fakta menarik Italia vs Albania. (Hendy Andika/Skor.id).

- Berikut ini hasil pertandingan antara Italia vs Albania, pada laga di Grup B Euro 2024 (Piala Eropa 2024).

Pertandingan Grup B Euro 2024 antara Italia vs Albania, dilangsungkan di BVB Stadion, Dortmund, Minggu (16/6/2024) dini hari WIB.

Italia yang berstatus sebagai juara bertahan, memulai langkahnya di turnamen Euro 2024 dengan menghadapi Albania yang tak diunggulkan.

Pada pertandingan ini Italia berhasil menang 2-1 atas Albania, setelah sebelumnya sempat tertinggal karena gol cepat.

Gol Alessandro Bastoni (11') dan Nicolo Barella (16') berhasil membalas gol cepat Nedim Bajrami (1').

Hasil ini membuat Italia sementara ada di peringkat kedua klasemen dengan tiga poin, di bawah Spanyol yang sebelumnya menang 3-0 atas Kroasia.

Pelatih Italia, Luciano Spalletti, mempercayakan posisi penyerang utama Gli Azzurri kepada Gianluca Scamacca.

Federico Chiesa, Davide Frattesi, dan Lorenzo Pellegrini beroperasi di belakang Gianluca Scamacca untuk membantu serangan Italia.

Laga Italia vs Albania di Grup B Euro 2024. (Jovi Arnanda/).
Laga Italia vs Albania di Grup B Euro 2024 digelar. Minggu (16/6/2024) pukul 02.00 WIB. (Jovi Arnanda/).

Peran penyeimbang lini depan dan lini belakang dipercayakan kepada Nicolo Barella, dan Jorginho.

Gianluigi Donnarumma tak tergeser di posisi penjaga gawang, ia dikawal oleh Giovanni di Lorenzo, Alessandro Bastoni, Riccardo Calafiori, dan Federico Dimarco.

Riccardo Calafiori (22 tahun, 27 hari) menjadi pemain Italia termuda kedua setelah Paolo Maldini (19 tahun, 350 hari), yang tampil di ajang Euro untuk Italia.

Kejutan terjadi ketika Nedim Bajrami berhasil menjebol gawang Italia, ketika pertandingan baru berlangsung selama 23 detik.

Tak hanya membuat Albania unggul, gol Nedim Bajrami ini juga tercatat sebagai gol tercepat di putaran final turnamen Euro.

Tertinggal cepat membuat Gli Azzurri langsung bereaksi, gol Alessandro Bastoni memanfaatkan umpan Lorenzo Pellegrini di menit ke-11 sukses membuat kedudukan imbang 1-1.

Italia kembali mencetak gol melalui sepakan terarah Nicolo Barella di menit ke-16 yang membuat mereka berbalik unggul 2-1.

Davide Frattesi sempat mendapat peluang di menit ke-32, tetapi tendangannya masih membentur tiang gawang Albania. Skor 2-1 untuk keunggulan Italia tak berubah hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua anak asuh Luciano Spalletti masih berusaha mengepung pertahanan Albania.

Davide Frattesi sempat mendapat peluang apik di menit ke-56, tetapi gagal ia maksimalkan untuk menambag keunggulan Italia.

Kedua tim saling menyerang,k tetapi hingga pertandingan berakhir skor 2-1 untuk kemenangan Italia tidak berubah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat