sveosportu.com

Jerman vs Skotlandia: Die Mannschaft Berpesta di Euro 2024

Jerman vs Skotlandia laga pertama Grup A. (Hendy Andika/Skor.id).

- Berikut ini hasil pertandingan pembuka Euro 2024 (Piala Eropa 2024) di Grup A, antara Jerman vs Skotlandia.

Pertandingan Jerman vs Skotlandia di Grup A Euro 2024, dilangsungkan di Allianz Arena, Sabtu (15/6/2024) dini hari WIB.

Jerman tampil gemilang, dan berhasil meraih kemenangan 5-1 atas Skotlandia di laga pembuka Grup A Euro 2024.

Gol Jerman dicetak Florian Wirtz (10'), Jamal Musiala (19'), Kai Havertz (45'+1 pen), Niclas Fullkrug (68'), dan Emre Can (90'+3), satu balasan Skotlandia melalui gol bunuh diri Antonio Rudiger (87'-bd).

Hasil ini membuat Jerman sementara memimpin di klasemen Grup A Euro 2024, dengan perolehan tiga poin.

Pada pertandingan ini, Julian Nagelsman menurunkan Kai Havertz sebagai ujung tombak Jerman, didukung oleh Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, dan Florian Wirtz.

Toni Kroos dan Robert Andrich mendapat tugas sebagai penghubung lini belakang dan lini depan Jerman.

Manuel Neuer masih dipercaya menjadi penjaga gawang, ia dikawal Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, dan Maximilian Mittelstadt.

Die Mannschaft tampak mendominasi di awal pertandingan dengan mengurung pertahanan Skotlandia, kombinasi serangan dari Florian Wirtz dan Jamal Musiala di posisi sayap cukup merepotkan pertahanan The Tartan Army.

Hasilnya di menit ke-10, umpan mendatar Joshua Kimmich disambut tendangan Florian Wirtz yang gagal diamankan kiper Skotlandia, Angus Gunn, Jerman memimpin 1-0.

Berkat gol ini, Florian Wirtz (21 tahun, 42 hari) menjadi pencetak gol termuda Jerman di ajang Euro (Piala Eropa), mengalahkan catatan Kai Havertz.

Keunggulan Jerman bertambah di menit ke-19, kali ini giliran Jamal Musiala yang mencatatkan namanya di papan skor.

Jamal Musiala juga masuk ke dalam jajaran pencetak gol termuda Die Mannschaft di ajang Euro, ia mencetak gol di usia 21 tahun, 109 hari.

Menit ke-25, Jerman mendapat kesempatan emas melalui tendangan bebas, setelah Jamal Musiala dijatuhkan tepat di luar kotak penalti. Namun, tendangan keras Kai Havertz masih mampu dihalau Angus Gunn.

Pemain muda Timnas Jerman, Florian Writz. (Jovi Arnanda/).
Pemain muda Timnas Jerman, Florian Writz, ancaman pertahanan Skotlandia. (Jovi Arnanda/).

Jerman kembali mendapat peluang emas di menit ke-42, umpat Joshua Kimmich coba disundul Ilkay Gundogan, tetapi Angus Gunn tampil heroik, sempat terjadi kemelut di depan gawang Skotlandia.

Hadiah penalti pun diberikan untuk Jerman, setelah Ilkay Gundogan dilanggar Ryan Prteous di kotak terlarang, bek Skotlandia itu pun harus diusir dari lapangan.

Kai Havertz maju sebagai eksekutor, dan sukses membuat Jerman menjauh dengan keunggulan 3-0 yang bertahan hingga babak pertama berakhir. Jerman untuk pertama kali mencetak tiga gol di babak pertama pada ajang Piala Eropa.

Pada babak kedua, Jerman terus mencoba menekan pertahanan Skotlandia, pergerakan Joshua Kimmich di sisi sayap tampak merepotkan pertahanan The Tartan Army.

Peluang Florian Wirtz di depan gawang Skotlandia pada menit ke-58 juga masih melambung di atas mistar.

Jerman akhirnya kembali menambah gol, kali ini giliran Niclas Fullkrug di menit ke-68, sepakan kerasnya menghujam di sudut atas gawang, yang gagal dijangkau Angus Gunn. Die Mannschaft memimpin 4-0.

Niclas Fullkrug sempat menambah pundi-pundi golnya di menit ke-76, tetapi ia lebih dulu berada di posisi offside.

Pada menit ke-87, gawang Jerman akhirnya jebol, sundulan Scott McKenna mengenai Antonio Rudiger yang berbelok masuk ke gawang Manuel Neuer, skor 4-1 masih untuk keunggulan tuan rumah.

Jerman kembali menambah gol, sepakan keras Emre Can dari luar kotak penalti di menit 90'+3 yang meneruskan umpan Thomas Muller, membuat Jerman unggul 5-1 yang bertahan hingga laga usai.

Die Mannschaft sukses membuka Euro 2024 di negara mereka dengan hasil positif, dan sementara memimpin Grup A Euro 2024.

 

Bagi yang ingin mendengar Live Reaction Euro 2024 Jerman vs Skotlandia, dapat langsung join ke Live Room Stadeo. Live Room akan mulai pada jam 2.00 WIB, jangan sampai ketinggalan ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat