sveosportu.com

PT LIB Pastikan Batal Gelar Piala Presiden 2024

Ferry Paulus

- Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus mengungkapkan perhelatan turnamen pramusim Piala Presiden 2024 batal digelar.

Sebelumnya PT LIB selaku operator kompetisi hendak menggelar Piala Preside 2024 sebagai turnamen pramusim sebelum perhelatan Liga 1 2024-2025.

Namun seiring berjalannya waktu menuju Liga 1 2024-2025, Ferry Paulus memastikan pihaknya memutuskan untuk tak menggulirkan Piala Presiden 2024.

"Sebenarnya Piala Presiden itu kami sudah rancang. Artinya secara bisnis, secara exposure ini kami sudah persiapkan," ucapnya pada Kamis (20/6/2024).

"Tetapi dalam perjalanan beberapa minggu terakhir ini, memang (Piala Presiden 2024) sulit untuk dijalankan," Ferry Paulus menambahkan di Jakarta.

Lebih lanjut ia membeberkan, salah satu faktor batal digulirkannya Piala Presiden pada tahun ini karena terkendala stadion.

Sebab dari perencanaan yang sudah disepakati, edisi terbaru dari turnamen pramusim tersebut akan bergulir menggunakan teknologi VAR.

pt liga indonesia baru
PT Liga Indonesia Baru atau PT LIB. (Deni Sulaeman/)

"Karena ketersediaan stadion. Bahwa stadion itu sekurang-kurangnya ada empat, itu menjadi keharusan untuk Piala Presiden dilaksanakan," kata Ferry Paulus.

"Nah fakta yang ada sekarang ini stadion tak ada yang tersedia karena Piala Presiden juga sejatinya kita mau menggunakan VAR. Harus stadion yang memenuhi syarat."

"Yang ada itu tinggal Bali dan Jalak Harupat. Awalnya kami mau pakai GBT dan juga Manahan Solo, ini digunakan untuk pelaksanaan AFF U-16 dan U-20," ia menjelaskan.

Untuk diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah dari perhelatan ASEAN U-16 Championship 2024 (dulu bernama Piala AFF U-16) dan memakai Stadion Manahan, Solo.

Turnamen itu berlangsung 21 Juni hingga 3 Juli 2024, sedangkan pada 17-28 Juli 2024 ada ASEAN U-16 Championship 2024 yang memakai Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

"Oleh karena itu rasanya gak ideal untuk kami laksanakan. Apalagi Piala Presiden kan marwahnya dan pelaksanaan tahun-tahun kemarin itu bagus sekali," ujar Ferry Paulus.

"Sehingga ya sudah kami putuskan gak kami laksanakan Piala Presiden," ia memungkasi pada sesi jumpa pers usai pertemuan PT LIB dengan PSSI soal kompetisi Indonesia.

Sebagai informasi, perhelatan Piala Presiden terakhir digelar pada 2022 atau sebelum Liga 1 2022-2023. Kala itu Arema FC yang akhirnya keluar sebagai juara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat