sveosportu.com

Rapor Pemain Indonesia di Asia, Pekan Kedua Juni 2024

Rapor pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri, lebih tepatnya di kompetisi negara Asia. (Hendy AS/Skor.id)

- Lepas jeda internasional, kompetisi domestik di kawasan Asia kembali bergulir. Ada beberapa pemain asal Indonesia yang terlibat.

Namun, tak semua. Tercatat, cuma dua nama yang merumput, yakni Saddil Ramdani (Sabah FC) dan Nurhidayat Haji Haris (United City FC).

Sementara, Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Asnawi Mangkualam (Port FC), Yanto Basna (PT Prachuap FC), Pratama Arhan (Suwon FC), dan Justin Hubner (Cerezo Osaka), tak tampak karena berbagai alasan.

Berikut menghadirkan rapor para pemain Indonesia di kompetisi Asia sepanjang pekan lalu:

Malaysia

Tak ada Liga Super Malaysia akhir pekan lalu, digantikan babak 16 besar Piala FA Malaysia 2024.

Saddil Ramdani main penuh sebagai winger Sabah FC saat menjamu Kuala Lumpur Rovers di Stadion Likas, Kota Kinabalu, Sabtu (15/6/2024).

Sabah FC melaju ke perempat final usai menang telak 7-0 atas sang tamu, di mana Saddil Ramdani menyumbang satu gol dan dua assist.

Pada saat bersamaan, klub yang dibela Jordi Amat, Johor Darul Takzim (JDT), juga bertanding melawan Kelantan Darul Naim di Stadion Sultan Ibrahim.

Sayangnya, bek berdarah Spanyol itu absen. Meski begitu JDT tetap mampu tampil dominan dan menang 4-0.

Thailand

Kompetisi domestik Thailand musim ini rampung setelah final Piala Liga Thailand 2023-2024 antara BG Pathum United versus Muangthong United dihelat, Minggu (16/6/2024).

Namun, bagi Asnawi Mangkualam (Port FC) dan Yanto Basna (PT Prachuap FC), petualangan mereka sudah selesai pada akhir Mei, seiring berakhirnya Thai League 1 2023-2024.

Kedua pemain tersebut kini menikmati liburan pascamusim, dengan Asnawi Mangkualam sempat membela Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, awal bulan ini.

Filipina

Philippines Football League 2024 memasuki pekan kesepuluh, Nurhidayat pun melakoni laga kesepuluhnya bersama United City FC.

Mantan kapten Timnas U-19 Indonesia itu kembali dipercaya main penuh, belum kehilangan satu menit pun musim ini.

Itu terjadi saat United City FC ditahan imbang Davao Aguilas 0-0 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (16/6/2024).

Walaupun gagal menang, setidaknya Nurhidayat mampu menjaga clean sheet buat timnya.

Korea Selatan

Lagi-lagi tak ada nama Pratama Arhan dalam skuad Suwon FC di K League 1.

Bek kiri Timnas Indonesia itu sejatinya sudah bebas dari sanksi dua pertandingan akibat kartu merah, akhir Mei lalu, tapi tak dibawa saat Suwon FC kalah 1-3 di markas Gangwon FC, Sabtu (15/6/2024).

Arhan diketahui baru saja membela Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jepang

Cerita serupa dialami Justin Hubner di Cerezo Osaka. Meski sudah selesai membela Timnas Indonesia, dia tak masuk skuad akhir pekan lalu.

Cerezo Osaka menjamu Urawa Red Diamonds di pekan ke-18 J1 League 2024, Sabtu (15/6/2024), dan mampu memetik kemenangan tipis 2-1.

Tim berjuluk Sakura itu akan kembali bertanding melawan Jubilo Iwata, akhir pekan nanti, mungkin saat itu Justin Hubner bakal comeback.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat