sveosportu.com

Format Grand Final IBL 3x3 2023, 8 Tim Terbaik dalam 2 Pool

IBL 3x3

- Turnamen basket IBL 3x3 Indonesia Tour 2023 memasuki Grand Final pada 20-21 Oktober di Solo. Untuk seri penutup ini, format akan beda, khususnya di fase knock-out.

Untuk diketahui, bakal ada delapan tim yang akan bertanding dalam Grand Final IBL 3x3 Indonesia Tour 2023. Itu ditentukan berdasarkan klasemen dari empat seri  sebelumnya.

Delapan tim yang lolos yaitu Satria Muda Pertamina Jakarta, Amartha Hangtuah Jakarta, Prawira Harum Bandung, Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Bumi Borneo Basketball Pontianak, RANS PIK Basketball, Dewa United Banten, dan West Bandits Solo. 

Untuk fase penyisihan grup, mereka dipecah ke dalam dua pool. Pembagian ini tidak sembarangan, tetapi sesuai sistem seeded atau unggulan, yang ditentukan dari peringkat tour standings

Berdasarkan format tersebut, Pool A akan diisi Satria Muda, Pelita Jaya, Bumi Borneo, dan West Bandits. Sedangkan Pool B dihuni Hangtuah, Prawira, RANS, serta Dewa United.

Nantinya, setelah melalui babak penyisihan, sebanyak tiga tim dari masing-masing grup berhak melaju ke fase knock-out. Skemanya, tim pemuncak Pool A dan B langsung lolos  ke semifinal. 

Sedangkan runner-up dan tim peringkat ketiga harus lebih dulu bersaing di perempat final. Namun, akan terjadi persilangan dari dua pool. 

Dengan format tersebut, setiap klub mesti berjuang untuk merebut posisi teratas pool demi menjaga peluang juara. Artinya, seri Solo ini diyakini berlangsung sengit sejak penyisihan grup.

Apalagi pemenang berkesempatan tampil mewakili Indonesia di turnamen internasional FIBA 3x3 World Tour Masters. Pasti semua tim tidak ingin melewatkan kesempatan ini.

IBL 3x3 Indonesia Tour 2023 bergulir sejak 16 September lalu dan telah menyelesaikan empat seri, yakni di Tangerang Selatan, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

Selama rangkaian turnamen berjalan, Satria Muda Pertamina menduduki posisi puncak tour standings dengan total 320 poin, meskipun hanya juara satu kali dalam empat seri. 

Kendati begitu, mereka selalu mencapai babak semifinal dan bahkan sekali jadi runner-up. Sehingga raihan poin Satria Muda lebih tinggi dibanding klub-klub rival.

Posisi kedua ditempati Amartha Hangtuah dengan koleksi 285 poin. Dandung O'Neal dan kolega masing-masing sekali juara dan runner-up dalam empat seri.   

Sedangkan Prawira Harum harus puas berada di peringkat ketiga. Walau sukses dua kali menjuarai rangkaian seri turnamen, di Jakarta dan Bandung, performa juara IBL 2023 ini tak maksimal di Tangerang dan Yogyakarta. Mereka memiliki 260 poin.

Grand Final atau seri kelima IBL 3x3 Indonesia Tour tahun ini dijadwalkan berlangsung dua hari di Halaman Balai Kota Solo, yakni pada Sabtu-Minggu (20-21/10/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat