sveosportu.com

Imbang 1-1 Lawan Jerman, Swiss ke 16 Besar Euro 2024

Swiss akan menghadapi Jerman pada Minggu (23/6/2024) malam waktu setempat untuk menentukan siapa juara Grup A. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

- Swiss memastikan lolos ke 16 besar Euro 2024 setelah imbang 1-1 lawan Jerman, Senin (24/6/2024) dini hari WIB.

Bahkan, dalam laga terakir fase grup ini, Swiss juga nyaris mempermalukan tuan rumah.

Nati atau Rossocrociati (julukan timnas Swiss) sempat unggul 1-0 di menit ke-28 melalui penyerang sayap mereka, Dan Ndoye.

Kedudukan 1-0 tersebut bertahan bahkan jelang laga akan berakhir sebelum akhirnya Niklas Fullkrug menyelamatkan wajah Jerman lewat gol yang diciptakan pada menit ke-90+2 setelah memanfaatkan assist David Raum.

Kedua pemain pengganti ini yang berhasil memberikan satu poin bagi Timnas Jerman dalam laga terakhir fase grup ini.

Swiss memang membutuhkan poin di laga ini untuk mengamankan posisi mereka di peringkat kedua klasemen dalam upaya lolos ke 16 besar Euro 2024.

Hasil 1-1 ini membuat Jerman tetap memimpin dengan mengoleksi 7 poin sedangkan Swiss mengoleksi 5 poin. Keduanya lolos ke 16 besar, Jerman sebagai juara grup dan Swiss sebagai runner up.

Gol Swiss ke gawang Jerman di pertandingan ini diciptakan penyerang sayap mereka, Dan Ndoye yang memanfaatkan assist Remo Freuler.

Di sisi lain, hasil imbang ini menjadi pukulan cukup telak bagi Timnas Jerman. Apalagi status mereka sebagai tuan rumah dari turnamen ini.

Bahkan, Jerman di laga ini tampil dengan barisan pemain yang selama ini kerap diturunkan sepanjang Euro 2024.

Pemain seperti Kai Havertz, Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, Toni Kroos atau Antonio Rudiger merupakna pemain yang diturunkan pelatih Julian Nagelsmann dalam laga ini.

Gol yang diciptakan Dan Ndoye juga menjadi catatan bagi Timnas Jerman dalam menghadapi serangan balik tim lawan.

Gol tersebut memang tercipta dari proses serangan balik. Fabian Rieder yang berhasil merebut bola dan memberikan umpan kepada Dan Ndoye yang kemudian mencetak gol menaklukkan kiper Manuel Neuer.

Gol ini merupakan gol pertama Dan Ndoye di level internasional bersama Timnas Swiss. Namun, keunggulan tersebut berubah setelah Jerman akhirnya mampu mencetak gol di menit terakhir .

Niklas Fullkrug menyelamatkan wajah Jerman melalui gol yang diciptakannya di laga ini dan membuat Jerman tetap lolos sebagai juara Grup A.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat